5 Fakta Rencana Naiknya Harga Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru - baru ini menyatakan bahwa pemerintah akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah. 

Luhut Lapor Punya Harta Rp1 Triliun, Naik Rp 145 Miliar dari Tahun 2022

Hal ini dikarenakan kekhawatiran akan Candi yang masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia tersebut. Berdasarkan kajian dari berbagai ahli yang memberikan masukan kepada pihak pemerintah, kondisi Candi Borobudur saat ini mulai mengalami pelapukan. Selain itu, perubahan iklim, erupsi gunung berapi dan gempa bumi menjadi juga menjadi alasannya 

"Silahkan cek atau tanya ke teman-teman pengelola di sana. Belum lagi perilaku pengunjung yang suka melakukan vandalisme, menyelipkan benda tertentu di sela-sela batu candi, membuang sampah sembarangan dan yang lebih parah adalah tidak bisa menghargai Candi Borobudur sebagai situs umat Buddha. Ini semua kan perlu penanganan khusus," ungkap Luhut.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Untuk lebih jelas, simak 5 fakta mengenai hal ini. 

1.Naik menjadi 750.000 rupiah dan Dengan Kuota

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Candi Borobudur, Yogyakarta.

Photo :

Pihak pemerintah dan pengelola Kawasan Canda Borobudur sudah menetapkan bahwa harga untuk masuk ke Candi Borobudur naik, yaitu wisatawan nusantara sebesar 750.000 rupiah. Tak hanya harga yang berubah, namun kuota pengunjung Candi Borobudur juga akan dibatasi yaitu ditekan hingga sebanyak 1.200 orang per hari.

2.Harga Masuk Candi bukan Pelataran

Kawasan Candi Borobudur akan menjadi destinasi green energy

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Namun, perlu diketahui harga 750 ribu rupiah tersebut adalah harga yang ditetapkan untuk memasuki candi bukan untuk ke area wisata taman di bawah candi atau kunjungan regular.

Para pengunjung tetap bisa masuk ke area taman dan kunjungan sekitar Candi Borodubur masih seperti diharga awal. Wisatawan regular atau yang tidak naik bangunan ini bisa beraktifitas seperti kunjungan biasa di Taman Wisata Candi Borobudur, sambil menikmati keindahan dan megahnya Candi Borobudur sampai di pelataran atau halaman candi saja.

Seperti diketahui, hingga saat ini tarif tiket yang berlaku untuk wisatawan nusantara dewasa (lokal) atau umum Rp 50 ribu dan untuk anak atau pelajar Rp 25 ribu. Lalu tiket regular wisatawan mancanegara (asing) dewasa US$ 25 dan tiket regular wisatawan mancanegara anak atau pelajar US$ 15.

3.Pelajar Tetap 5.000 Rupiah

Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah.

Photo :
  • U-Report

Meski begitu, Luhut menyatakan bahwa untuk pelajar yang ingin berkunjung ke Candi Borodubur, harga tiket adalah 5.000 rupiah, namun dengan syarat yang telah ditentukan.

Syaratnya adalah pelajar tersebut dalam bentuk grup atau rombongan dan bukan secara individu. Nantinya, pihak sekolah bisa reservasi kepada pihak pengelola untuk jumlah tiket dan waktu kunjungan. Bagi pelajar yang datang secara sendiri atau individu, harga tetap dikenakan sebesar 750.000 rupiah. 

4.Warga Asing $100 dollar

Super Junior di Candi Borobudur

Photo :
  • Istimewa

Ketika perubahan harga terjadi, harga tiket masuk untuk turis asing juga akan naik dan disesuaikan dengan mata uang dollar. Harga yang dipatok untuk wisatawan mancanegara adalah sebesar $100 dollar. 

5.Pro dan Kontra 

Candi Borobudur

Photo :
  • U-Report

Hal ini tentunya mendapat banyak pro dan kontra dari pemerintah. Banyak masyarakat yang setuju demi menjaga keberlangsungan Candi Borobudur agar tetap terawat dan bagus. Namun, banyak juga yang tak setuju karena dirasa harga yang dipatok sangat lah mahal dan bisa membuat pengunjung menjadi menurun.

Menurut Luhut hal ini juga dilakukan semata - mata untuk menjaga candi bersejarah tersebut. "Langkah ini kami lakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara." tulis luhut dalam Instagramnya. "Semua turis juga nanti akan menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya