Lebih 500 Museum Terima SK dari AMI, Putu Supadma Soroti Mutu SDM

Perwakilan pengelola museum yang terima SK dari AMI.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Lebih dari 500 museum dari berbagai daerah di Tanah Air menerima sertifikat dan SK keanggotaan dari Asosiasi Museum Indonesia (AMI). Penyerahan sertifikat itu dilakukan saat malam seni budaya yang bagian kegiatan silahturahmi dan pertemuan museum Se-Indonesia di Museum Rudana, Ubud, Bali.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana menyampaikan pelaku, pengelola, dan pihaknya mesti berkolaborasi untuk membangkitan permuseuman di Indonesia pasca pandemi COVID-19. Dia menekankan selama pandemi, pengelolaan museum di Tanah Air ikut terdampak.

"AMI berharap agar setiap museum yang terdaftar bisa berkolaborasi dan bersinergi lebih maksimal lagi dengan berbagai pihak, khususnya pemangku kepentingan di daerahnya masing-masing," kata Putu, dalam keterangannya, Selasa, 7 Juni 2022.

Selama Pelaksanaan World Water Forum Ke-10, Akses Simpang Radar-Bandara Ngurah Rai Bali Ditutup

Perwakilan pengelola museum yang terima SK dari AMI di Bali.

Photo :
  • Istimewa

Putu menambahkan pihaknya juga siap mendorong berbagai institusi dan lembaga untuk mengikuti bimbingan teknis terhadap sumber daya manusia (SDM) terkait pengelolaan museum. Tujuannya dengan bimbingan teknis bisa memiliki pemahaman mengenai permuseuman dan warisan seni budaya. 

Pertama di Dunia, Toyota Kijang Innova Listrik Resmi Mengaspal di Bali

Kata dia, AMI juga akan berupaya terus mengawal peningkatan SDM di seluruh museum di Indonesia melalui bimtek dan sertifikasi permuseuman. 

"Mari bersama-sama kita gaungkan kembali gerakan nasional cinta museum agar lebih mengakar ke berbagai lapisan masyarakat khususnya generasi muda," jelas Anggota DPR Fraksi Demokrat tersebut.

Pun, dia menggaungkan agar anggota AMI mulai bergerak untuk membantu kebangkitan permuseuman Indonesia pasca pandemi. Ia mengingatkan museum harus bisa dipromosikan sebagai destinasi pariwisata jika berkunjung ke berbagai daerah.

Dalam kesempatan malam seni budaya juga dianugerahkan penghargaan Satya Abdi Musea kepada tiga maestro terbaik Indonesia yang sudah wafat. Tiga maestro tersebut adalah Srihadi Soedarsono, Nyoman Gunarsa, dan Made Wianta

"Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi, pengabdian dan pencapaian para maestro," ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan pertemuan museum se-Indonesia di Badung, Bali sudah digelar pada 4-6 Juni 2022. Dari forum pertemuan itu mencetuskan sejumlah keputusan yang salah satunya mendorong terwujudnya UU Permuseuman.

Jika ada UU Permuseuman , maka diharapkan bisa optimal menjaga pelestarian kekayaan seni, budaya bangsa dalam pengelolaan museum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya