Gempa Goyang Mamuju, Plafon Gedung Kantor Pemprov Sulbar Roboh

Petugas BPBD menunjukkan titik gempa. (foto ilustrasi).
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Mamuju,  Sulawesi Barat, Rabu, 8 Juni 2022. Gempa itu mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak seperti plafon gedung perkantoran Pemprov Sulbar.

Gunung Ibu Meletus Sabtu Malam, Awan Abu Membubung Setinggi Dua Kilometer

"Benar ada kerusakan, itu infonya di gedung PKK Provinsi Sulbar," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar Amri Ekasakti,  Rabu 8 Juni 2022.

Amri menuturkan, kerusakan di sejumlah bangunan akibat gempa itu belum didata secara detail. Sebab, petugas BPBD Sulbar masih fokus melakukan evakuasi di lapangan. "Belum, karena saat ini kawan-kawan petugas BPBD masih di lokasi," tuturnya.

Gempa Tektonik Magnitudo 4.7 Guncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Dia menyampaikan, pihaknya saat ini masih fokus di lapangan melakukan pemantauan dan proses evakuasi. Upaya itu terus dilakukan lantaran masyarakat banyak yang panik.

"Belum ada informasi terkait dengan korban bencana gempa bumi. Kita masih fokus evakuasi warga," jelasnya.

Gunung Ibu Meletus Hasilkan Awan Abu Kelabu-Hitam Setinggi 4 Kilometer

Pantauan dari layar lokasi gempa bumi (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Pun, hingga kini, BPBD setempat belum melaporkan secara resmi dampak gempa seperti kerusakan. Selain itu, belum ada laporan adanya kemungkinan korban jiwa karena masih dilakukan pendataan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,8 mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi laporan jika gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Dalam laporannya, BMKG menyebut gempa tersebut terjadi pada Rabu 8 Juni 2022 sekitar pukul 13.32 Wita.

Laporan BMKG, gempa terjadi dengan kedalaman 10 km. Lalu, titik koordinat gempa berada di 2,74 lintang selatan (LS) dan 118.54 bujur timur (BT).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya