DPR Siap Tampilkan Wajah Terbaik Indonesia di Forum P20

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri
Sumber :
  • VIVA/Farhan

VIVA - DPR dijadwalkan akan menggelar kick off perhelatan P20 pada medio Juni ini. Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) memastikan DPR siap menjadi tuan rumah forum parlemen negara G20 yang akan dilaksanakan pada awal Oktober 2022.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pertemuan Ketua Parlemen 20 Negara

“DPR terus berbenah karena kami ingin dan siap menampilkan wajah terbaik Indonesia sebagai tuan rumah P20 yang merupakan pertemuan ketua parlemen 20 negara dengan skala perekonomian terbesar dunia,” kata Anggota BKSAP DPR, Irine Yusiana Roba Putri, Jumat, 10 Juni 2022.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Baca juga: Pegang Presidensi G20, Indonesia Disebut Dapat Banyak Keuntungan

P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Gedung DPR Senayan Jadi Lokasi Pelaksanaan

Untuk perhelatan KTT G20, pemerintah memilih Bali sebagai lokasi perhelatan forum penting dunia itu. Sementara untuk pelaksanaan P20, Gedung DPR di Senayan, Jakarta, dipilih sebagai lokasi pelaksanaannya.

“Karena ini ajang yang bergengsi, Indonesia harus bisa menunjukkan bahwa kita mampu menyelenggarakan forum ini dengan baik dan memberikan kontribusi sesuai kepentingan nasional dalam diskusi-diskusinya,” kata Irine.

“Apalagi di P20 tidak cuma dihadiri 20 ketua parlemen negara G20 tapi juga undangan peninjau sehingga ketua parlemen yang datang nanti bisa sampai dari 40 negara,” lanjutnya.

Lakukan Pengaspalan

Sejumlah persiapan yang tengah dilakukan DPR dalam menyambut kehadiran para tamu negara termasuk dari sisi fisik infrastruktur. DPR kini tengah melakukan pengaspalan jalan di kompleks parlemen serta perbaikan sejumlah gedung atau ruangan.

“Bagian interior juga jadi perhatian, karena nantinya Ruang Rapat Paripurna akan menjadi venue utama. Kita harus persiapkan secara detail hal-hal teknis dan interior ruangan agar P20 menjadi pertemuan yang tak hanya berkualitas tapi juga memberikan kenyamanan bagi semua delegasi,” kata Irine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya