Polisi Bagi-bagi Kunci Jawaban Tes Bikin SIM

Praktik ujian pembuatan SIM di Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Bagi masyarakat yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) kini tidak perlu khawatir. Biasanya masyarakat kerap kali tidak lulus tes tertulis pada tahapan tes pertama pembuatan SIM tersebut. 

Diajak Jokowi Kunker ke Sultra, Qodari ungkap Tingginya Kepuasan Rakyat ke Presiden

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kedepannya akan mempermudah masyarakat dalam ujian tertulis tersebut. Salah satunya yaitu dengan cara membagikan kunci jawaban dari soal tes tertulis itu. 

"Besok kalau ada masyarakat yang tes, kita kasih soal dan Jawabannya. Makin banyak masyarakat yang belajar, makin pinter lalinnya. Tidak ada yang rahasia di lalin. Rekan-rekan bisa belajar persoalannya dan kunci jawabannya," kata Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santhyabudi dalam keterangannya, Senin 13 Juni 2022.

Instagram Epy Kusnandar Aktif! Istri: Buat Haters, Suami Saya Tidak Pegang HP Sampai Detik Ini

Surat Izin Mengemudi.

Photo :
  • VIVA.co.id

Firman mengatakan, Soal maupun jawaban itu, nantinya bisa didapat masyarakat lewat bank soal yang akan disiapkan pihak kepolisian melalui aplikasi ponsel.

Bobby Ditangkap Polisi, Diduga Menghina Suku Pakpak

"Malah Kalau perlu nanti kita gelar bank soal, ada bank soal bisa dilihat dari hp masing-masing," ucapnya.

Lalu, terkait proses peningkatan pelayanan SIM, kata Firman, Polri tengah membuat sistem e-AVIS (Electronic Audio Visual Integrated System) untuk mempermudah dalam membaca soal-soal pada uji tes SIM.

"Yang dulu mungkin sulit cara belajarnya, sekarang kita ada metode AVIS, sedang kita kembangkan. Jadi nanti bukan hanya dihadapkan pada membaca soal, menjabarkan sendiri, tidak. Tapi dihadapkan pada situasi, oh situasi seperti ini di jalan, kita boleh apa, kita harus apa, sedang dikembangkan," tambahnya.

Pihaknya juga mengusulkan peralihan penerbitan SIM dari Polri ke Dinas Perhubungan (Dishub). Meski sampai saat ini pelaksanaan penerbitan SIM masih diatur dan dilaksanakan Polri

"Usulan saya kira biasa, kita kan pelaksanaan di lapangan. Yang pasti polisi akan terus meningkatkan pelayanan dalam perolehan SIM. Layanan dan seluruh uji nya sedang kita kembangkan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya