Kritik Roy Suryo, Wamenag: Jangan Jadikan Simbol Agama Bahan Olokan

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Saadi ikut menanggapi polemik unggahan meme foto stupa Candi Borobudur yang mirip wajah Presiden Jokowi. Zainut menyindir eks politikus Demokrat Roy Suryo yang ikut menggunggah meme stupa mirip Jokowi.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Menurut dia, dalam unggahan meme stupa Candi Borobudur tersebut masih terkait dengan simbol agama.

"Jangan jadikan simbol agama sebagai bahan olokan," kata Zainut di Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022. 

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Zainut mengingatkan kepada siapa pun agar tak menjadikan simbol agama sebagai bahan olokan atau guyonan. Sebab, hal tersebut dapat melukai perasaan umat beragama yang bersangkutan. 

"Apa pun alasannya tindakan tersebut tidak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan. Perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai perbuatan SARA," jelasnya. 

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Roy Suryo Laporkan Menag Yaqut Soal Adzan ke Polda Metrol

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dia menyampaikan dalam kebebasan menyampaikan pendapat seperti kritik maupun saran hendaknya dilakukan dengan cara yang santun. Selain itu, disampaikan dengan bijak dan bisa menghormati etika.

Baca Juga: Roy Suryo Unggah Stupa Mirip Jokowi, Kuasa Hukum: Tak Bisa Dipidana

Menurut dia, tak perlu dengan cara yang satkastik dan melanggar norma susila, hukum dan agama. Menuryutnya, masyarakat harus lebih bijak dan hati-hati dalam menggunakan media sosial. 

Ia menekankan jangan cepat mengunggah atau menyebarkan berita, baik berita yang berupa foto, video, meme atau konten narasi yang mengandung ujaran kebencian, fitnah dan SARA. 

"Terhadap postingan meme stupa Borobudur mirip Pak Jokowi, saya menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mendalami masalah tersebut. Dan, mengusut semua pihak yang terlibat untuk selanjutnya diproses hukum sesuai ketentuan perundangan yang berlaku," ujarnya. 

Kemudian, ia juga mengajak kepada para elite dan tokoh bisa membangun budaya politik santun yang dilandasi nilai-nilai luhur, akhlak mulia dan berkeadaban. Kata dia, penting dalam berperilaku proporsional dan tidak berlebihan dalam menyampaikan pendapat maupun kritik. Dengan demikian, tak menimbulkan polemik dan kegaduhan. 

Cuitan Twitter Roy Suryo soal stupa mirip Jokowi.

Photo :
  • Tangkapan layar Twitter

Untuk diketahui, eks politikus Demokrat, Roy Suryo jadi sorotan karena ikut mengunggah meme foto editan dari netizen. Meme itu menampilkan stupa dengan bagian wajah mirip Presiden Jokowi. 

Foto tersebut diunggah Roy Suryo melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Menurutnya, foto stupa dengan wajah Jokowi itu merupakan bentuk protes dari masyarakat terkait rencana kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur. 

Dalam cuitannya, eks Anggota DPR itu menyertakan emoticon tertawa serta kalimat "lucu, hehehe, AMBYAR'.

"Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur dari 50 ribu naik menjadi 750 ribu (yang sudah sewarasnya) ditunda itu, banyak kreativitas dari masyarakat. Salah satunya stupa terbuka yang ikonik di Borobudur itu. Lucu hehehe, AMBYAR," kata Roy Suryo seperti dikutip dari akun Twitternya, Selasa, 14 Juni 2022.

 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya