Meme Stupa Candi Borobudur, Kepala Biara Harap Bajik dan Bijak

Kawasan Candi Borobudur.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Anu Maha Nayaka Sangha Agung Indonesia (SAGIN) dan Kepala Biara Indonesia Tusita Vivaranacarana Vijayasraya, Biksu Bhadra Ruci, menyampaikan tanggapan terkait meme wajah Buddha di Stupa Candi Borobudur. Dimana gambar telah diedit dan disebarkan di media sosial. Termasuk diposting oleh mantan Menpora Roy Suryo.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Terhadap unggahan wajah Buddha di Stupa Candi Borobudur tersebut, dan tindakan melanjutkan unggahan itu, dinilai sebagai sikap tidak patut. Apalagi menjadi bahan tertawaan. Dalam keterangan persnya yang diterima, menyebut sikap tersebut sangat tidak patut dilakukan warganet (netizen) Indonesia. 

"Itu tidak selayaknya dilakukan, apalagi oleh seorang mantan menteri. Meskipun Buddha tidak akan marah ketika dilempari kotoran; sopan santun dan menghormati sosok yang dituakan apalagi dimuliakan oleh umat manusia di dunia ini adalah sebuah etika yang diperlukan," tuturnya, Jumat 17 Juni 2022. 

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Lebih lanjut, Biksu Bhadra Ruci tetap mengimbau agar warganet menjaga sikap dan ketika berkomentar dalam interaksi di media sosial.

"Sopan itu sikap yang dimuliakan. Jangan hanya karena ada media sosial, sikap bajik dan bijak itu hilang," tambahnya. 

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Dia mengatakan, Indonesia adalah negara dengan keragaman termasuk agama. Maka toleransi beragama mestinya ikut dijaga sebagai nilai budaya Indonesia. Tetapi sikap pemaaf juga selalu ada dalam budaya Indonesia. 

Lebih lanjut dalam keterangan persnya mengatakan, semua ucapan dan tindakan perlu didahului dengan kebijaksanaan. Tidak semestinya memberikan komentar yang melecehkan pihak lain, termasuk di media sosial. 

Meme yang menjadi masalah tersebut menunjukkan wajah Buddha di Candi Borobudur seperti wajah Presiden Joko Widodo. 

"Unggahan tersebut kemudian dilanjutkan Roy Suryo dalam akun @KRMTRoySuryo dengan komentar yang menertawakan seperti "kreativitas netijen", "lucu", dan "ambyar"". 

"Kendati Roy Suryo menyampaikan permohonan maaf, diharapkan hal serupa tidak terulangi lagi,". 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya