Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Minyak kayu putih dicampur ke tangki bensin
Sumber :
  • TikTok

Jakarta – Minyak kayu putih diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun belakangan ini beredar sebuah video viral di media sosial penggunaan minyak kayu putih untuk menambahkan oktan bensin.

Heboh Video Jentik Hitam di Dalam Galon yang Tersegel, Begini Kata Produsen

Dilansir VIVA Otomotif dari laman TikTok Prabz Garage pada Selasa, 23 April 2024, video ini menunjukkan seorang pengendara motor Honda Vario sedang meneteskan minyak kayu putih pada lubang bensin yang baru saja diisi bahan bakar.

Dalam keterangan video, pemotor mengungkapkan bahwa mencampurkan minyak kayu putih ke bensin bisa bermanfaat untuk menambah oktan BBM dan membuat tarikan motor menjadi lebih baik serta responsif.

Kocak, Pengendara Ini Langsung Kesurupan Jadi Macan Usai Kena Tilang Polisi

Ferdi Hasiman selaku pengamat energi mengungkapkan penggunaan minyak kayu putih untuk bensin sebenarnya masuk akal, mengingat kandungan zat dari minyak kayu putih merupakan nabati.

Namun, ia menyampaikan bahwa hal ini tidak bisa dibenarkan. Mengingat, belum ada penelitian dan standarisasi resmi yang dilakukan oleh Pemerintah terkait penggunaan minyak kayu putih di bensin.

Mobil dan Motor Bakal Diwajibkan Punya Asuransi TPL, Begini Persiapan JRP Insurance

"Sama seperti Bioethanol kan, 80 persennya bensin nah 20 persennya itu kelapa sawit (minyak nabati). Nah, minyak kayu putih itu termasuk minyak nabati. Cuma ya ini tidak bisa sembarangan. Harus ada dulu penelitian dan standardisasi dari Pemerintah," ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif pada Selasa, 23 April 2024.

Senada, Ronny selaku Peneliti Teknologi Konversi Biomassa di Pusat Riset Kimia BRIN mengungkapkan bahwa minyak kayu putih sebenarnya tidak dianjurkan untuk dicampur dengan bensin.

"Klaim minyak kayu putih bisa menambah oktan itu perlu riset lanjutan. Tapi sebenarnya, hal tersebut tidak dianjurkan ya karena minyak kayu putih bisa menimbulkan deposit di ruang bakar," tutur Ronny saat dikontak VIVA Otomotif.

Ronny juga menambahkan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat kesat, yang bisa berdampak pada pelumas bahan bakar menjadi berkurang.

"Bila hal tersebut terjadi untuk jangka panjang, mesin bisa rusak," tutur Ronny.

Menurut Ronny terkait kebenaran minyak kayu putih bisa menambahkan oktan pada bensin, diperlukan perhitungan Research Octane Number (RON).

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Endro Sutarno sebagai People & Technical Development di SiTEPAT mengatakan pembuktian minyak kayu putih bisa meningkatkan memerlukan perhitungan dengan alat khusus.

"Kalau menyoal (minyak kayu putih) bisa menaikkan oktan atau tidak, ya itu harus dihitung alat dan yang punya paling Pertaminanya sendiri," kata Endro saat dihubungi VIVA Otomotif.

Pria yang juga mantan Senior Instruktur di Technical Service PT AHM (Astra Honda Motor) ini turut mengkhawatirkan bahwa penggunaan minyak kayu putih dicampur bensin ini bisa merusak komponen motor seperti piston, busi dan lainnya.

"Saya khawatirnya penggunaan minyak kayu putih dicampur bensin ini malah bisa berdampak pada kerusakan komponen, seperti overheating, bikin busi gosong atau piston lebih cepat aus," jelasnya.

Adapun, video di media sosial ini telah ditonton oleh ratusan ribu penonton. Tak sedikit yang heran dengan perilaku dari pengendara motor karena mencampur minyak kayu putih dengan bensin.

"Bang belajar senyawa kimia dimana bensin di campur minyak kayu putih," kata netizen.

"Biar apa tuh omongan bensin di campur minyak kayu putih?" tulis warganet.

"Biar oktannya naik? emang itu bensinnya pake apa? Pertama atau Pertalite? Kenapa gak beli langsung yang oktannya tinggi aja," tulis satu pengguna TikTok.

"Lebih mahal minyak kayu putih. Bensin 10rb. Minyak kayu putih paling kecil 20ribuan," ujar satu warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya