Gelar Munas, LGP Rekomendasikan Ganjar-Puan Jadi Pasangan Capres 2024

Relawan Ganjar-Puan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP), Mochtar Mohamad memprediksi Pilpres 2024 berpotensi satu putaran dan diikuti dua pasangan capres-cawapres. Hal tersebut kata dia didasari sejumlah alasan.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Mochtar melihat skenario koalisi besar partai pendukung Pemerintah Jokowi dipimpin PDI Perjuangan dan koalisi Partai Nasdem dengan partai oposisi seperti partai Demokrat dan PKS. Dia yakin PDI Perjuangan akan mengusung kadernya sendiri untuk menjadi capres.

"Peta ini akan semakin jelas setelah Rakernas 2 PDI Perjuangan tanggal 21-23 Juni 2022 mendatang," kata Mochtar Mohamad dalam acara Musyawarah Nasional Laskar Ganjar-Puan (LGP), di Istana Gebang di Kota Bung Karno, Blitar, yang dikutip Senin 20 Juni 2022.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Mochtar meyakini saat ini semua tergantung langkah PDI Perjuangan ke depan. Menurutnya, bisa saja semua Ketua Umum Partai berharap koalisi lagi dengan PDI Perjuangan, minimal kabinet dua tahun lagi mereka aman di kabinet.

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Mochtar juga menjelaskan, kekuatan Queen Maker dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan terlihat di Rakernas PDI Perjuangan di sekolah Partai tanggal 21 Juni mendatang. Megawati pasti akan mengambil keputusan yang tepat terkait siapa sosok capres pilihan.

Menurut Mochtar, dalam sekolah partai juga dihadiri petinggi partai dan petugas partai, Megawati Soekarno Putri, Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, DPP, Ketua DPD se-Indonesia 

"Dugaan saya ke internal, sinyal untuk Mas Ganjar dan Mbak Puan ini terasa getarannya dari Ibu Megawati Soekarno Putri, dan kebetulan tanggal 21 Juni itu Haul Bung Karno dan Ultah Presiden Joko Widodo," ujar Mochtar.

Puan Maharani

Photo :
  • DPR RI

Sementara itu, Ketua Umum LGP, Nawang Andi Kusuma, memaparkan keberhasilan LGP yang baru berumur 6 bulan. Menurutnya, LGP sudah mampu melakukan Rakerda dan Rakercab di Jabar, Jatim, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan lainnya.

"Ini bukti Magnit Ganjar-Puan mampu menggerakkan masyarakat," kata Nawang Andi Kusuma.

Ada tiga poin Hasil Munas LGP. Pertama, mengevaluasi Pengurus DPP dan Penambahan Pengurus. Kedua, merekomendasikan pasangan Ganjar-Puan ke DPP PDI Perjuangan untuk menjadi bakal capres/cawapres 2024. Ketiga, konsolidasi organisasi tuntas sampai ranting LGP desa/kelurahan selesai Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya