Polri Libatkan Anak Muda Cegah Hoax, Begini Caranya

Karo Bin Ops Sops Polri, Brigjen Roma Hutajulu
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar event seni dan budaya Nusantara Gemilang dalam rangka memperingati Hari Ke-76 Bhayangkara, yang jatuh pada 1 Juli 2022. Dalam event ini, kaula muda yang dilibatkan dari seluruh Indonesia.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Karo Bin Ops Sops Polri, Brigjen Roma Hutajulu menjelaskan kegiatan Nusantara Gemilang adalah festival seni dan budaya dari berbagai daerah yang melibatkan anak muda seluruh Indonesia. “Ada 14 provinsi dari 34 yang terpilih," kata Roma di Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022.

Menurut dia, kegiatan Nusantara Gemilang ini tujuannya untuk menumbuhkan nasionalisme kebangsaan, mengedukasi menjadi pemuda pemudi yang menjadi harapan bangsa. Tentu, 14 tim itu hasil seleksi penilaian tim juri di daerah hingga lewat video yang dikirimkan.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Mereka juga diedukasi untuk menangkal berita hoax dan mencegah penyebaran ujaran kebencian," ujarnya.

Mantan Kapolres Jakarta Pusat ini menyebut bahwa ide Nusantara Gemilang tak lepas dari relaksasi pandemi COVID-19, termasuk rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara. "Polri mencoba masuk ke bidang seni dan budaya lewat Nusantara Gemilang. Untuk menyentuh pemuda yang memiliki kreasi di bidang seni artistik," jelas dia.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Roma menambahkan acara ini mengadakan perlombaan pentas seni budaya multikultural hingga menjadi ajang untuk membangun kebersamaan, dan keakraban kepada masyarakat Indonesia serta dunia.

"Kegiatan ini bermakna lahirnya sebuah paduan kebersamaan dengan saling menghormati dan menyelaraskan segala macam keberagaman lingkungan sosial budaya,” ungkapnya.

Namun demikain, Roma mengatakan peserta yang berjumlah 270 pemuda lintas suku ini masih menjalani karantina dan pelatihan di sebuah hotel wilayah Jakarta Pusat. Mereka mendapat pelatihan soal event organizer, public speaking, etika kepribadian dan kelas seni.

Mereka juga melakukan tour ke sejumlah lokasi bersejarah yang temanya Wisata Kebangsaan, seperti Museum Polri, Monumen Nasional, hingga Museum Nasional. “Nanti tanggal 28 Juni, mereka akan tampil menyajikan seni tarian dan musik khas nusantara,” tandasnya.

Baca juga: Warga Urus Tilang Hingga Buat SIM Kini Lebih Mudah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya