Jarak Jokowi dengan Titik Ledakan Terdekat Saat Kunjungi Ukraina

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di kereta api menuju Ukraina.
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di kereta api menuju Ukraina.
Sumber :
  • Instagram @sekretariat.kabinet

VIVA – Presiden Joko Widodo, saat ini tengah dalam perjalanan ke Kyiv di Ukraina dengan menggunakan transportasi Kereta. Jokowi dan rombongan, berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia.

Jokowi dan rombongan berangkat tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, 28 Juni 2022. Diperkirakan Jokowi dan rombongan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina hari Rabu 29 Juni 2022 waktu setempat. 

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, mengatakan bahwa lokasi yang akan dikunjungi Jokowi dapat dikatakan lokasi yang jauh dari titik perang. Ledakan terdekat, kata Budi, jaraknya sekitar 380 Km dari tempat yang akan dikunjungi Jokowi.

Baca juga: Naik Kereta Khusus, Presiden Jokowi Berangkat Menuju Ukraina

"Sementara aman karena kalau kami melihat sampai di Donesk kurang lebih dari Kiev itu kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan itu adalah 380 KM dari Kiev itu yang sudah kita antisipasi," kata Budi kepada wartawan, yang dikutip Rabu, 29 Juni 2022.

Menurut Budi, memang saat ini masih terjadi serangan di Ukraina. Namun serangan yang dilakukan Rusia itu masih cukup jauh karena berada di sekitar kota Donetsk.

"Mereka (Rusia) masih melakukan serangan, ya memang di seputaran Donetsk itu saja Jadi alhamdulillah masih jauh lah dari Kyiv," kata Budi.