Dankor Brimob Resmi Dijabat Komjen, Irjen Helmi Jadi Kapolda Gorontalo

Upacara HUT Brimob. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menaikkan pangkat Kepala Korps Brimob Polri (Kakor Brimob) setingkat lebih tinggi atau dari jenderal bintang dua menjadi bintang tiga. Dengan demikian, Kakor Brimob saat ini Anang Revandoko memiliki pangkat Komisaris Jenderal atau Komjen. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Selain itu, Staf Ahli Manajemen Kapolri Irjen Helmi Santika sudah resmi menjabat Kapolda Gorontalo pada Rabu, 29 Juni 2022.

“Hari ini Bapak Kapolri melantik jabatan untuk Pak Dankor Brimob, Kapusdokkes, juga melantik Kapolda. Serah terima Kapolda Lampung (Irjen Hendro Sugiatno, Kapolda Gorontalo (Irjen Helmi Santika) dan Kapolda Papua Barat (Irjen Daniel Tahi Silitonga),” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri pada Rabu, 29 Juni 2022.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Komandan Korps Brimob Polri Irjen Anang Revandoko

Photo :
  • Istimewa

Untuk peningkatan struktur Korps Brimob Polri, Presiden Jokowi juga sudah menyetujuinya. Nantinya, Dankorbrimob akan didampingi Wadankorbrimob dengan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen). 

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Dedi menjelaskan selain melantik dan serah terima jabatan, Kapolri Sigit juga melaksanakan korps raport kenaikan pangkat untuk beberapa golongan pangkat satu tingkat lebih tinggi. 

“Saya sebutkan saja ya, untuk Pati Polri ada 15. Rinciannya satu Komjen ini Pak Dankor Brimob, dua Irjen atau pati bintang dua, dan 8 Brigjen,” jelas dia.

Sementara, Dedi menambahkan kenaikan pangkat perwira menengah (Pamen) Polri untuk jabatan Komisaris Besar Polisi (Kombes) tercatat ada 110 orang. Kemudian, berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ada 443 orang, dan Komisaris Polisi (Kompol) ada 303 orang. “Untuk AKP ada 205 orang, Iptu 572 orang, dan Ipda ada 597 orang," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya