Tjahjo Kumolo Dimakamkan di Blok Z TMP Kalibata, Sebelah Makam Harmoko

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore, 1 Juli 2022.

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Informasi diterima awak media, liang lahat dari mantan Sekjen PDIP itu sudah digali oleh petugas pemakaman TMP Kalibata sejak pukul 13.00 WIB.

Total, terdapat 9 pekerja yang sedang menggali kubur sebagai tempat peristirahatan terakhir Tjahjo. Jenazah Tjahjo rencananya akan dimakamkan di Blok Z TMP Kalibata.

Update DBD di Lampung Utara: 833 Terjangkit dan 4 Warga Meninggal Dunia

Diketahui, sejumlah tokoh telah dimakamkan di Blok Z TMP Kalibata, seperti mantan Ketua DPD RI AM Fatwa, tokoh pers nasional Sofyan Lubis dan mantan Menteri Penerangan di era Orde Baru Harmoko yang wafat pada 4 Juli 2021 lalu.

Salah petugas TMP Kalibata, Arif mengatakan jenazah Tjahjo Kumolo akan tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 WIB.

Fakta-fakta Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, Ternyata Bagian Ini yang Dipukul

"Informasinya dimakamkan pukul 16.30 WIB. Liang kubur sedang digali, tadi mulai jam 13.00 WIB," kata Arif.

Saat ini Jenazah Tjahjo sudah tiba di Rumah Duka di kawasan Widya Chandra. Setelah itu, jenazah Tjahjo akan disalatkan di Masjid Kemenpan-RB.

Sementara Menko Polhukam, Mahfud MD dan Mensesneg, Pratikno akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam prosesi pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan-RB, Tjahjo Kumolo.

Sekretaris Kemenpan-RB, Rini Widyantini menerangkan, jenazah Tjahjo Kumolo akan dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Quba, di kompleks kantor Kemenpan-RB, di Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian, akan ada prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara. 

Kata Rini, prosesi penyerahan jenazah akan dipimpin langsung oleh Mahfud MD sebagai Inspektur Upacara. Setelahnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan langsung dibawa ke Taman Makan Pahlawan Nasional Umum Kalibata untuk dimakamkan secara militer. 

"Kemudian kami menginformasikan yang akan menjadi Irup di kantor Kemenpan ialah Menkopolhukam Mahfud MD. Dan yang menjadi Irup di Taman Makam Pahlawan ialah Mensesneg Pratikno," ungkap Rini dalam konferensi pers di kantor Kemenpan-RB, Jumat, 1 Juli 2022.

Diketahui, Tjahjo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Adi Mulyo Jakarta pada Pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan intensif beberapa pekan terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya