Tjahjo Kumolo dan Kisah Kesetiaan Sang Istri

Men-PAN RB, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kabar duka datang dari Kabinet Indonesia Maju. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Politisi PDI Pejuangan itu meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Tjahjo Kumolo dikabarkan mengalami infeksi paru-paru yang mengharuskannya menjalani perawatan intensif untuk sementara waktu. Ada cerita menarik selama masa hidup sang menteri bersama istri tercinta.

Tjahjo Kumolo saat masih menjabat Mendagri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Almarhum Tjahjo Kumolo punya cerita unik dengan sang istri Erni Guntarti yang telah dipacari sejak SMP dan mendampinginya hingga wafat. Keduanya saling mengenal dan berpacaran ketika kelas 1 SMP. Menariknya, Tjahjo dan Erni ternyata duduk satu bangku kala itu.

Tjahjo bahkan sering mengantar jemput Erni menggunakan sepeda. Ia kemudian menyebut sang Erni sebagai istri paling setia dan tak terkalahkan.

Pernah Viral, Bocah Penjual Snack di Pontianak Meninggal karena Kecelakaan Usai Berjualan

"Pemecah rekor Museum Rekor Indonesia soal kesetiaan. Tak terkalahkan," ujar Tjahjo saat melepas jabatannya sebagai Pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM kepada Menteri Yasonna Laoly pada tanggal 23 Oktober 2019 lalu.

Erni memutuskan masuk Fakultas Kedokteran sementara Tjahjo memilih masuk Fakultas Hukum di Universitas Diponegoro, Semarang. Usai lulus dari universitas, kesetiaan keduanya terus berlanjut saat Tjahjo Kumolo meniti karier di dunia politik sementara Erni bekerja di Departemen Kesehatan.

Kesetiaan sang istri patut diacungkan jempol. Ativitas Tjahjo padat karena aktif di partai dan DPR, maupun saat sudah menjadi Menteri. Akibatnya, kebersamaan bersama keluarga berkurang namun rasa cinta tak pernah pudar.

Namun Tjahjo bersyukur anak dan istrinya memahami semua hal tersebut dengan memberikan support yang sangat besar. Mereka tergolong keluarga harmonis dan saling mendukung satu sama lain.

Tjahjo Kumolo beragama Islam. Putri pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari mengatakan bahwa jenazah ayahnya akan disemayamkan di Rumah dinas Menpan RB di Komplek Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta. Sementara itu, jenazahnya almarhum Tjahjo Kumolo akan dikebumikan tepatnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Selamat jalan, Pak Menteri..

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya