Tjahjo Kumolo dan Kisah Kesetiaan Sang Istri

Men-PAN RB, Tjahjo Kumolo.
Men-PAN RB, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kabar duka datang dari Kabinet Indonesia Maju. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Politisi PDI Pejuangan itu meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Tjahjo Kumolo dikabarkan mengalami infeksi paru-paru yang mengharuskannya menjalani perawatan intensif untuk sementara waktu. Ada cerita menarik selama masa hidup sang menteri bersama istri tercinta.

Tjahjo Kumolo saat masih menjabat Mendagri

Tjahjo Kumolo saat masih menjabat Mendagri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Almarhum Tjahjo Kumolo punya cerita unik dengan sang istri Erni Guntarti yang telah dipacari sejak SMP dan mendampinginya hingga wafat. Keduanya saling mengenal dan berpacaran ketika kelas 1 SMP. Menariknya, Tjahjo dan Erni ternyata duduk satu bangku kala itu.

Tjahjo bahkan sering mengantar jemput Erni menggunakan sepeda. Ia kemudian menyebut sang Erni sebagai istri paling setia dan tak terkalahkan.

"Pemecah rekor Museum Rekor Indonesia soal kesetiaan. Tak terkalahkan," ujar Tjahjo saat melepas jabatannya sebagai Pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM kepada Menteri Yasonna Laoly pada tanggal 23 Oktober 2019 lalu.

Erni memutuskan masuk Fakultas Kedokteran sementara Tjahjo memilih masuk Fakultas Hukum di Universitas Diponegoro, Semarang. Usai lulus dari universitas, kesetiaan keduanya terus berlanjut saat Tjahjo Kumolo meniti karier di dunia politik sementara Erni bekerja di Departemen Kesehatan.