Ma'ruf Amin Ikut Solati Jenazah Tjahjo Kumolo

Jenazah Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional– Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin Tiba di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Berdasarkan pantauan VIVA, Ma'ruf Amin datang dengan menaiki mobil berpelat nomor RI 2. Ma'ruf datang didampingi sejumlah pengawal sekitar pukul 15.55 WIB. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Kedatangan Ma'ruf Amin ke Kantor Kemenpan-RB ini dalam rangka untuk ikut serta prosesi sholat jenazah dan penyerahan jenazah secara militer dari pihak keluarga ke negara. 

Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Selain Ma'ruf Amin, sejumlah pejabat juga telah hadir, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Desa Budi Arif, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Sementara itu, jenazah Tjahjo Kumolo telah tiba di Kantor Kemenpan-RB untuk dishalatkan di Masjid Quba, Jumat, 1 Juli 2022. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Berdasarkan pantauan di lokasi, jenazah Tjahjo Kumolo tiba sekitar pukul 16.05 WIB. Jenazah dibawa dengan mobil ambulans dan diiringi pihak kepolisian.

Mobil jenazah langsung memasuki area pelataran Masjiq Quba untuk dishalatkan ditempat terakhirnya bertugas sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Setelah dishalatkan, Menko Polhukam Mahfud MD akan memimpin prosesi penyerahan jenazah Tjahjo dari pihak keluarga kepada negara secara militer. Saat seluruh prosesi selesai dilakukan, jenazah Tjahjo akan dibawa menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Umum Kalibata untuk dimakamkan.

"Kemudian kami menginformasikan yang akan menjadi Irup di kantor Kemenpan ialah Menkopolhukam Mahfud MD. Dan yang menjadi Irup di Taman Makam Pahlawan ialah Mensesneg Pratikno," ungkap Rini dalam konferensi pers di kantor Kemenpan-RB, Jumat, 1 Juli 2022.

Diketahui Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia pada hari Jumat 1 Juli 2022. Tjahjo dikabarkan meninggal pada pukul 11.10 WIB. 

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA, Tjahjo meninggal di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Sebelum wafat, Tjahjo Kumolo dikabarkan tengah jatuh sakit. Tjahjo dikabarkan harus menjalani perawatan secara intensif.

Berdasarkan keterangan humas Kementerian PANRB, Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, akan dibawa ke rumah duka di Kompleks Rumah Dinas Widya Chandra 4 No. 2, Jakarta. 

Kemudian jenazah Tjahjo akan disalatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 69 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya