Pj Gubernur Waterpauw Titip Doa ke 322 Jemaah Calon Haji Papua Barat

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw Melepas JCH Papua Barat
Sumber :
  • is

VIVA – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Komisaria Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw, menitipkan doa pada 322 jemaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 17 asal Papua Barat, di Embarkasi Makassar. Dia minta JCH untuk mendoakan agar Indonesia aman dan damai.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Saya datang secara khusus untuk melepas JCH asal Papua Barat. Doakan, kita semua dalam keadaan aman dan damai. Negara lain sudah ada yang mengalami krisis akibat pandemi. Alhamdullilah, Indonesia masih aman dan damai," ucap dia kepada wartawan, Sabtu 2 Juli 2022.

Hal itu dikatakannya saat melepas 322 JCH tersebut, untuk diberangkatkan ke Arab Saudi. Dirinya mengingatkan kepada JCH agar fokus beribadah untuk menyempurnakan rukun Islam kelima.

Bawaslu Didesak Panggil Pj Gubernur NTB Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

“Kami doakan juga kepada seluruh JCH asal Papua Barat bisa kembali ke Tanah Air dan meraih haji mabrur. Menjalankan ibadah dengan baik dan kembali dalam keadaan sehat serta selamat,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat, Luksen Jems Mayor menambahkan tahun ini, Papua Barat mendapatkan kuota 330 orang untuk diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi. Jumlah tersebut berkurang 50 persen dari seharusnya. 

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

"Sebelumnya, kuota JCH Papua Barat 725 jemaah. Namun yang terisi tahun ini hanya 330 jemaah, setengah dari kuota itu. Memang terjadi pengurangan," ujar Luksen menambahkan.

Dia mengatakan, antusias masyarakat Papua Barat untuk melaksanakan ibadah haji cukup tinggi. Daftar tunggu keberangkatan untuk Papua Barat mencapai 20 tahun. Sedangkan daftar tunggu JCH asal Papua Barat sebanyak 11 ribu orang.

“Kami berharap JCH asal Papua Barat bisa melaksanakan pesan yang disampaikan pak gubernur untuk menjaga nama baik negara dan daerah. Jagalah selalu kekompakan dan nama baik negara. Termasuk kesehatan diri sendiri,” kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya