Gedung UNS Solo Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Mobil pemadam kebakaran tiba di UNS Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Salah satu ruangan di gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terbakar pada Kamis, 7 Juli 2022. Penyebab terbakarnya gedung tersebut diduga akibat korsleting listrik.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengungkapkan musibah kebakaran terjadi di Gedung A FKIP UNS. Kebakaran tersebut tepatnya terjadi di lantai 1 yang menjadi ruang sidang 1. “Saya mtadi sudah melihat di dalamnya, ruang sidang itu bentuknya ya ada panggung dan ada karpet semuanya,” kata dia di UNS Solo, Kamis, 7 Juli 2022.

Dugaan penyebab terjadinya kebarkaran berawal dari terbakarnya karpet. Hanya saja dia meminta menunggu penyelidikan terlebih dahulu terkait faktor yang menjadi penyebab terbakarnya ruangan sidang di gedung FKIP UNS tersebut.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

“Jadi ada kemungkinan memang kebakaran itu karena karpetnya terbakar atau sebab lain, kami belum bisa memberikan informasi yang jelas tentang penyebab utamanya,” ujar dia.

Menurut dia saat terjadinya kebakaran itu di ruangan tersebut sedang berlangsung kegiatan untuk ujian PPG secara zoom meeting. Ujian tersebut digelar secara online tetapi pengawasan ujian tersebut dilakukan dari ruangan yang terbakar tersebut.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

“Pengawasannya ada di sini tepatnya dilantai 1 dan lantai 2 laboratorium komputer. Peserta ujiannya sekitar 400 mahasiswa itu di luar tidak di sini. Kemudian jumlah pengawasnya sekitar 56 ada di sini,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Jebres, Kompol Suharmono menjelaskan kebakaran terjadi setelah selesai pelaksanaan sidang untuk ujian pada sekitar pukul 08.00 WIB. Laporan kebakaran itu berawal dari kesaksian Dekan FKIP yang melihat munculnya kepulan asap dari ruangan tersebut.

“Pak dekan tahu ada asap terus melaporkan ke pemadam kebakaran terus dipadamkan,” ungkapnya.

Sedangkan terkait penyebab kebakaran, dijelaskan dia, dari hasil penyelidikan sementara karena adanya faktor korsleting listrik di ruangan tersebut. Dari musibah kebakaran itu tidak ditemukan adanya korban jiwa.

“Dugaannya itu korsleting listrik mungkin dari komputer atau pun mungkin dari audio sound system karena habis digunakan untuk ujian guru-gru melalui daring,” jelas dia.

Baca juga: Korsleting Listrik Jadi Penyebab RS Siloam Palembang Terbakar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya