Kasatop Armuzna: Pergerakan Jemaah Haji ke Arafah Lancar

Jemaah haji saat wukuf di Jabal Rahmah, Arafah
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA Nasional -  Kepala Satuan Operasional Masyair (Armuzna), Nasrullah Jasam memantau langsung gelombang kedatangan ribuan jemaah haji Indonesia ke Arafah, Kamis 7 Juli 2022.

Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional

Para jemaah mulai berdatangan sejak pukul 08.00 WIB. Gelombang kedatangan jemaah haji Indonesia akan terus berlangsung hingga sore hari nanti.

"Alhamdulillah sejauh ini persiapan di Arafah berjalan dengan baik. Logistik di tenda-tenda sudah ada semua. Karpet sudah terpasang, kasur juga," kata Nasrullah Jasam kepada Tim MCH Satgas Arafah.

Hadapi Panas Ekstrem, Jemaah Haji Diimbau Banyak Konsumsi Air Minum

"Dari jam 08.00 WIB, jemaah mulai masuk ke tenda-tenda di Arafah. Sejauh ini prosesnya berjalan lancar. Mudah-mudahan sampai sore berjalan lancar," tambahnya.

Kuota haji yang hanya 50 persen dari kuota tahun-tahun haji sebelumnya, membuat Nasrullah Jasam berharap proses pelaksanaan puncak haji ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Penting, Ini Letak Penempatan Hotel Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

"Tentu dengan kuota kurang dari 50 persen, situasi tidak seramai tahun sebelumnya. Karena tahun ini cuma 47-48 persen kuota, situasi masih lengang walaupun jemaah sudah sampai di tenda masing-masing."

"Kita berharap suasana berjalan kondusif. Akses jalan ke Arafah juga lancar. Hanya dilihat stiker Masyair, tanpa pemeriksaan ketat di dalan mobil. Sempat macet, tapi relatif lancar. Mudah-mudahan sampai puncak haji semua berjalan lancar."

Menag Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan hotel jemaah haji di Makkah.

Cek Hotel dan Bus Jemaah di Makkah, Menag Optimistis akan Bisa Beri Layanan Terbaik

Tiba di Makkah, Menag Yaqut Cholil Qoumas memilih untuk langsung bekerja. Menag meninjau kesiapan hotel dan bus jemaah haji di Makkah.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024