Heboh Warga Desa di Banjarnegara Kurban 74 Ekor Sapi 229 Kambing

Distribusi dan Pembagian Daging Kurban. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Video tumpukan daging kurban yang sangat banyak di halaman dan di aula masjid viral di media sosial. Diketahui jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1443 H di masjid tersebut mencapai 74 sapi dan 229 kambing.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Video yang memperlihatkan tumpukan daging hewan kurban itu diunggah oleh akun ini di Twitter pada Minggu 10 Juli 2022. “Jumlah hewan kurban: sapi 74, kambing 228 ekor” tulis keterangan pada video seperti dilihat Senin, 11 Juli 2022. Berdasarkan data terbaru jumlah kambing kurban warga Desa Batur sebanyak 229 ekor.

Menurut informasi pada unggahan, kegiatan kurban tersebut berlokasi di Desa Batur, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Terlihat juga pada cuplikan video, tumpukan daging hewan kurban yang sangat banyak bertumpuk di halaman masjid pada bin kotak berwarna kuning.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tidak hanya itu, tumpukan kulit hewan kurban yang menggunung juga terlihat di halaman masjid. Kemudian video memperlihatkan situasi di dalam ruangan atau aula masjid yang juga dipenuhi tumpukan daging beralaskan terpal.

Warga Desa Batur, Banjarnegara kurban 74 sapi dan 229 kambing

Photo :
  • Twitter: @y03_n4n4
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Menurut informasi yang beredar, Kegiatan penyembelihan hewan kurban di atas merupakan agenda panitia PCM Cabang Batur Banjarnegara setiap tahunnya. Penyembelihan hewan kurban ini merupakan kegiatan ibu-ibu Aisyiyah.

Diketahui, banyaknya warga yang berkurban dikarenakan adanya tabungan kurban yang sudah dilakukan turun-temurun sehingga warga menjadi ringan untuk melakukan ibadah kurban.

Nantinya, daging kurban tersebut akan dibagikan merata untuk warga sekitar Banjarnegara, bahkan pihak panitia juga akan membagikan daging hingga luar kabupaten.

Hingga tulisan ini dibuat, video telah disaksikan sebanyak 43,8 ribu kali oleh warganet di Twitter. Ramai-ramai warganet mengomentari video itu. Banyak di antara mereka yang takjub dengan jumlah hewan kurban di satu dusun yang mencapai ratusan ekor tersebut.

“Masya allah, luar biasa. Kesadaran jamaahnya patut diacungi 2 jempol” komentar warganet

“Di masjid kampung saya sapi 6 aja udah capek bener ini 74 ekor wkwk. Luar biasa sdm-nya” balas warganet

"74 sapi 228 kambing itu baru di Krajan saja, di masing2 pedusunan masih ada lagi," tulis warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya