Soal Perizinan, Ganjar Ingatkan Pengusaha Tambang Taat Peraturan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengingatkan para pengusaha tambang untuk menghindari perilaku suap terkait izin pertambangan. Menurutnya, izin pertambangan adalah hal yang paling rawan tindak pidana dalam praktik pertambangan.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Hal itu diungkapkan Ganjar saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Usaha Mineral dan Batubara bersama Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Jawa Tengah di Gets Hotel, Semarang pada Selasa, 12 Juli 2022.

"Kita tunjukkan bahwa ijinnya ngga pake duit ini. Karena ini rawan. Ijin pertambangan itu rawan suap, dan sudah berapa yang ditangkap karena ijin pertambangan. Itu yang paling penting," kata Ganjar kepada peserta.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan sebenarnya lebih banyak pengusaha tambang taat aturan dari yang menyalahi aturan. Ganjar yakin, pengusaha tambang yang taat aturan bisa menjadi contoh baik terkait perizinan tambang.

Tak hanya itu, Ganjar juga memperingatkan para pengusaha tambang mineral dan batubara yang masih menyalahi aturan untuk taubat bersama-sama.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Maka, ayolah tobat-tobat bareng. Karena banyak pelaku-pelaku penambang yang sudah bagus. Dan yang sudah bagus bisa kita jadikan contoh untuk mereka bisa menyampaikan," ucap Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menginginkan dalam bimtek yang diselenggarakan itu bisa membina dan mengajarkan pengusaha tambang ihwal dampak lingkungan, cara pengangkutan dan cara menambang yang baik dan sesuai regulasi.

Jika semua pengusaha tambang bisa mengikuti itu dengan teratur, Ganjar optimis dampak sektoralnya juga akan berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

"Saya pengen dalam konteks pembinaannya itu satu, tata ruangnya baik, cara ngangkutnya baik, cara nambangnya baik, regulasi semua diikuti. Kalo itu terjadi, maka kita akan naik kelas. Lingkungan terjaga, suplai untuk pembangunan bisa terjaga," ungkap Ganjar.

"Kalo momentum ini bisa kita pakai untuk bareng-bareng memperbaiki, maka akan bagus," sambung Ganjar.

Baca juga: Ganjar: Plonco-Kekerasan Siswa Baru Sudah Nggak Zaman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya