Batuk dan Pilek Melanda Jemaah Haji, Ini Kiat Mengatisipasinya

Jemaah haji berdoa dan berzikir di tenda Arafah
Sumber :
  • MCH/Zaky Al Yamani

VIVA – Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr Budi Sylvana, menghimbau seluruh jemaah haji Indonesia untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pasca Puncak Haji. Ini demi terhindar dari dua penyakit yang banyak mendera jemaah hani saat ini.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

"Kita mengimbau jemaah untuk selalu memakai masker selama melakukan ritual ibadah, apalagi saat berkumpul dengan banyak orang," kata dr Budi Sylvana kepada Tim MCH (Medi Center Haji), Selasa 12 Juli 2022.

Selain itu, jemaah juga dihimbau untuk istirahat yang cukup setelah Armuzna. Stamina para jemaah haji memang sangat terkuras usai melaksanakan rangkaian proses haji dari Arafah, Muzdalifah, dan Armuzna.

Haji Makin Mudah! Menag Yaqut dan Menhaj Tawfiq Bahas Layanan Baru untuk Jemaah Indonesia

dr Budi Sylvana menyatakan, saat ini ada perubahan dominasi penyakit yang diderita para jemaah haji Indonesia pasca Puncak Haji (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). 

Saat ini penyakit batuk dan pilek yang paling banyak diderita para jemaah haji Indonesia. Padahal sebelumnya, hipertensi dan penyakit jantung yang paling banyak diderita para jemaah haji Indonesia.

Indonesia-Arab Saudi Perluas Kerja Sama Penerbangan Haji dan Umroh, Intip Kesepakatannya

Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di kawasan Aziziyah Janubiyah

Photo :
  • Humas Kemenag RI

Hal ini disebabkan faktor kelelahan yang mendera para jemaah selepas melaksanakan wukuf dan di Arafah, menginap di Mina, dan melontar jumroh di Jamarat. Ditambah cuaca yang menjadi faktor utama lainnya.

"Jadi saat ini batuk dan pilek mendominasi lima penyakit terbesar di Arab Saudi. Faktor cuaca dan kelelahan juga jadi faktor utama. Kelelahan membuat kesehatan jemaah menurun, Itu yang harus diwaspadai."

"Ditambah lagi banyak jemaah tidak memakai masker. Itu sebabnya saya selalu menghimbau untuk memakai masker. Karena cukup lumayan memproteksi jemaah dari transmisi penyakit, terutama batuk dan pilek."

Hingga hari ini, jemaah haji Indonesia yang menderita batuk dan pilek ada sebanyak 15 ribu orang. Dan pihaknya terus memberi edukasi ke jemaah agar terus mengenakan masker untuk mencegah virus penyebab batuk dan pilek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya