Ketahuan Bawa Air Zamzam, 50 Koper Jemaah Haji Indonesia Dibongkar

x-ray memperlihatkan botol berisi air zamzam di koper jemaah.
Sumber :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani

VIVA – Puluhan koper jemaah haji Indonesia terpaksa dibongkar oleh petugas Air Gate. Pasalnya, ditemukan botol air zamzam dengan jumlah beragam saat koper-koper tersebut diperiksa menggunakan x-ray di gudang Air Gate, Mekah, Arab Saudi, Rabu 13 Juli 2022.

KUH Jeddah Gelar Bimtek 644 Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi Layani Jemaah Haji

Ini merupakan koper-koper milik jemaah haji Indonesia Kloter pertama yang akan pulang ke Tanah Air pada Jumat 15 Juli 2022. Koper tersebut dikumpulkan dan diproses oleh Air Gate pada Rabu pagi tadi 13 Juli 2022 di pemondokan jemaah untuk dilakukan pengiriman ke Tanah Air.

Air Gate sendiri merupakan perusahaan kargo yang ditunjuk oleh maskapai Garuda Indonesia dalam hal pemeriksaan, pengiriman, dan pengangkutan koper-koper jemaah dari Arab Saudi ke Indonesia.

Garuda Indonesia Sanksi Tegas Pegawainya yang Jadi Petugas 'Nebeng' Haji ke Tanah Suci

"Dari hasil pemeriksaan x-ray terhadap 393 koper jemaah Kloter Padang 1, ada 50 koper kedapatan berisi air zamzam," kata Kepala Seksie Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul), PPIH Daerah Kerja Bandara, Edayati Dasril di gudang Air Gate, Mekah, Rabu 13 Juli 2022.

"Jumlah-jumlah air zamzam yang ditemukan beragam di tiap koper, ada yang cuma beberapa votol hingga sampai ada yang membawa 2 liter air zamzam," lanjut Edayati Dasril.

329 Petugas PPIH Berangkat ke Arab Saudi, Bertugas di Daker Bandara dan Madinah

Edayati memahami para jemaah sangat antusias dan memiliki keinginan besar membawa air zamzam buat oleh oleh untuk keluarga di Tanah Air. Namun pelarangan ini merupakan aturan yang sudah ditetapkan pihak penerbangan.

"Kami sangat menyesalkan hal ini (masih ditemukan air zamzam di koper jemaah). Tapi kami tidak menyalahkan jemaah haji yang ingin membawa zamzam. Tapi ini mengacu kepada aturan keamanan dan keselamatan penerbangan," jelas Edayati.

"Ini semua based on regulation. Sesuai aturan GACA (General Authority of Civil Aviation), bahwa jemaah haji tidak boleh memasukkan air zamzam ke bagasi. Dan kami akan terus sosialisasikan ini terus sepanjang proses kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air."

botol air zamzam yang ditemukan di koper jemaah

Photo :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya