Apresiasi KTN Turen, Arteria: BNPT Ini Bukan Jadi Tukang Sapu Bersih

Arteria Dahlan (kiri) dan Kepala BNPT Boy Rafli Amar (tengah).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memuji Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen, Kabupaten Malang yang merupakan kolaborasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pemkab Malang, hingga stakeholders lainnya. KTN Turen punya peran penting sebagai mitra deradikalisasi

Tokoh Bali Ngurah Harta Pastikan Bali Aman, Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10

Dalam momen itu, hadir Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, perwakilan Komisi III DPR Arteria Dahlan, Bupati Malang M. Sanusi, serta jajaran Forkompina Provinsi Jatim.

Arteria mengapresiasi KTN Turen yang punya luas 13,5 hektare karena mampu menghasilkan sekitar 80 ton jagung yang akan diolah jadi benih jagung. Dia menekankan lahan tersebut diusahakan mitra deradikalisasi dan masyarakat setempat. 

Anggota DPR Minta Kemenhub Kaji Ulang Penurunan Kelas 17 Bandara Internasional

Menurutnya, dengan cara itu bertujuan untuk sarana pencegahan terorisme sekaligus reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi. Politikus PDIP itu menyebut KTN Turen saat ini diibaratkan sudah menghasilkan buah manisnya. 

Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

Photo :
  • Istimewa
Anggota DPR Sebut Wacana Luhut soal Kewarganegaraan Ganda adalah Angin Segar

Bagi Arteria, KTN Turen ini bisa jadi contoh daerah lain. Dia mengingatkan pentingnya menangkal radikalisme dan terorisme  yang bukan semata tugas BNPT tapi semua pihak terkait. Maka itu, ikhtiar melalui program kerja konkrit seperti KTN Turen harus dapat dukungan berbagai pihak.

"Kami Komisi III DPR RI dan kementerian lembaga pasti akan mendukung kerja hebat dan baik ini. BNPT ini bukan jadi tukang sapu bersih tapi bagaimana orang tidak mau melakukan aksi teror ini diimplementasikan dari kerja-kerja yang konkrit," kata Arteria, dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 14 Juli 2022.

Sementara, Kepala BNPT Boy Rafli Amar optimis KTN Turen tidak hanya jadi pusat pencegahan dan deradikalisasi semata. Namun, jadi bagian dari ketahanan pangan dan menjadi roda penggerak perekonomian di wilayah.

"Dengan nyata hari ini (KTN) memberikan sebuah hasil. Kami berharap tempat ini jadi bagian yang menggerakkan perekonomian Kecamatan Turen dengan mitra deradikalisasi," jelas Boy Rafli. 

Selain BNPT, Pemkab Malang, KTN Turen juga kolaborasi dari Universitas Islam Malang (Unisma), PT Kereta Api Indonesia, hingga masyarakat setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya