Tokoh Bali Ngurah Harta Pastikan Bali Aman, Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10

Ilustrasi jalan di Bali dipasangi penjor atau janur kuning sambut delegasi internasional di Bali
Sumber :
  • ANTARA

Bali - Tokoh masyarakat Bali, I Gusti Ngurah Harta, memastikan Bali siap menggelar World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18-25 Mei 2024. Bali siap menyambut para delegasi dan peserta WWF ke-10 yang akan mengikuti rangkaian kegiatan di Pulau Dewata tersebut.

Telkomsel 'Gelar Pasukan' di Bali

"Situasi Bali saat ini sangat kondusif. Karena situasi yang aman itulah maka World Water Forum ke-10 diselenggarakan di Bali," kata Ngurah Harta saat dihubungi, Jumat, 3 Mei 2024.

"Di Bali, semuanya terjaga dengan sangat baik sekali, terutama keamanan wilayahnya. Sebab desa adat sangat berperan penting menjaga Bali kondusif," ia melanjutkan.

Luhut, Panglima dan Kapolri Cek Pengamanan VVIP di WWF, Elon Musk Akan Dijaga Selevel Menteri

Ngurah Harta mengapresiasi keterlibatan seluruh pihak termasuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang ikut mengamankan penyelenggaraan WWF ke-10 di Bali. Keterlibatan itu, kata dia, penting karena agenda internasional tersebut akan dihadiri sekitar 50 ribu peserta dari berbagai negara, termasuk para pemimpin negara.

"Semua elemen negara harus turun dan ikut mengamankan terlaksananya forum ini," ujar politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota Dipakai Menteri dan Tamu Negara di WWF Bali

Sebagai tokoh masyarakat, Ngurah Harta bersama masyarakat adat Bali juga akan turut serta membantu aparat keamanan untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif selama pelaksanaan WWF ke-10.

"Siapa pun warga negara Indonesia yang berjiwa nasionalis wajib menjaga keamanan dari tingkat lingkungan terkecil dan seterusnya. Saya jamin pasti aman dan terkendali dengan baik," ucap tokoh Bali yang akrab disapa Tu Rah tersebut.

Ngurah Harta juga kembali menekankan Bali sudah sepenuhnya pulih meski pernah diguncang bom pada 2002 dan 2005. Ia pun menegaskan tidak ada tempat bagi terorisme dan radikalisme di Bali.

 "Masyarakat Bali sudah sangat cerdas dalam menyiapi situasi. Tetap mengedepankan sisi kemanusiaan dalam menyikapi apa saja," kata dia.

Ngurah Harta pun berharap penyelenggaraan WWF ke-10 di Bali bisa membuat Indonesia semakin bersinar di mata internasional dan semakin diperhitungkan dunia.

Sebelumnya, BNPT menyatakan akan turut serta mengamankan pelaksanaan Word Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024. BNPT mengatakan pihaknya memiliki peran penting selaku leading sector penanggulangan terorisme untuk menyukseskan event internasional guna menjaga citra Indonesia di mata dunia.

"Peran BNPT dalam mengamankan pelaksanaan agenda-agenda nasional maupun internasional tidak dapat dikesampingkan. BNPT sebagai leading sector penanggulangan teror memiliki tugas mengoordinasikan dan melaksanakan pencegahan terhadap potensi aksi radikal terorisme yang dapat berdampak buruk terhadap citra Indonesia di mata dunia," kata Sekretaris Utama BNPT, Bangbang Surono, Sabtu, 20 April 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya