Jadi Polemik, BRIN Batalkan Renovasi Ruangan Kerja Megawati CS

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN Oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta
Sumber :
  • Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membatalkan renovasi ruangan di Gedung B.J. Habibie Lantai 2 senilai Rp6,1 miliar. Perencanaan penataan ulang ruangan tersebut akan direview kembali. 

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Kepala BRIN menyatakan bahwa renovasi bertujuan mengubah ruangan yang ada sebelumnya menjadi ruang rapat dan ruang kerja. Ruang kerja Ketua Dewan Pengarah BRIN sejak awal tidak termasuk dalam rencana renovasi. 

“Renovasi kami batalkan,” ungkap Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko di Jakarta, Senin, 18 Juli 2022. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Baca juga: Jokowi Disebut Pilih Kasih Oleh Chico, Istana Buka Suara

Ia mengaku ada hal yang terlewat tidak diketahui secara mendetil, yaitu tentang renovasi ruang Ketua Dewan Pengarah. 

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

“Sejak awal ruangan tersebut tidak ada rencana mengubah ruangan Ketua Dewan Pengarah BRIN. Kebutuhan renovasi hanya untuk wakil, sekretaris, dan anggota dewan pengarah,” tambahnya. 

Menurutnya, penataan ulang atau revitalisasi fungsi ruangan tetap perlu dilakukan, namun harus diputuskan berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya, perubahan fungsi yang ada saat ini seperti lounge, ruang makan, dan ruang audio (mirip fungsi ruang karaoke) di lantai 2 menjadi ruang rapat besar. 

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya lantai 2 gedung tersebut digunakan oleh satu orang (Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi). 

“Sejak awal, Ketua Dewan Pengarah BRIN mengimbau untuk mengurangi hampir 40 persen luasan Ruang Kerja eks Kepala BPPT tersebut, yang sangat besar itu, untuk dijadikan Ruang Kerja Dewan Pengarah lainnya,” tambahnya. 

Handoko mengatakan, efektivitas koordinasi dan komunikasi di antara Dewan Pengarah BRIN adalah alasan utama dilakukan penataan ulang fungsi ruangan di lantai 2. 

Ia menyebutkan, sementara ini sebagian dewan pengarah bekerja di lantai 23, bahkan sebagian lagi belum punya ruangan. 

Pertimbangan lain, usia beberapa anggota dewan pengarah sudah cukup sepuh. “Sebut saja Prof. Emil Salim dan Prof. Bambang Kesowo, yang selama ini bekerja di lantai yang sangat tinggi. Untuk itu, ruangan seyogianya dijadikan satu demi efektivitas koordinasi dan komunikasi,” ujarnya. 

“Selain itu ruangan yang dulunya kebesaran, mewah, berlebihan, akan diubah dan difungsikan menjadi jauh lebih optimal,” kata Handoko. 

Jokowi lantik Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Dia menekankan, renovasi yang dilakukan BRIN dibatalkan. Ke depan penataan harus selalu mengedepankan pada fungsionalitas dan efisiensi anggaran

“Ruangan yang ada di lantai 2 nantinya adalah ruang rapat besar dan kecil, ruang kerja dewan pengarah (2 Wakil Ketua, Sekretaris, 6 anggota Dewan Pengarah BRIN). Ruang kerja Ketua Dewan Pengarah tidak ikut diubah sama sekali, seperti rencana semula,” tutupnya. 

Sebelumnya, Beredar adanya informasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah melakukan renovasi ruang kerja Dewan Pengarah. Biaya renovasi sebesar Rp6,1 miliar ramai diperbincangkan publik. 

Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan (BKPUK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membenarkan kabar bahwa BRIN akan melakukan renovasi ruangan yang ada di lantai 2 Gedung BJ Habibie 

“Perlu saya informasikan, biaya Rp6,1 miliar adalah biaya renovasi seluruh lantai 2 yang sebelumnya merupakan ruang kerja eks Kepala BPPT,” kata Driszal Fryantoni di Jakarta, Minggu, 17 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya