Hasto: Kepemimpinan Jokowi Selaras dengan Geopolitik Soekarno

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menjadi contoh baik terutama dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Berbagai pencapaian yang berhasil didapatkan tak terlepas dari langkah efektif Jokowi dalam mengamalkan pemikiran Soekarno.

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Hal itu diakui langsung oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Dia mengatakan perjalanan kepemimpinan Jokowi hingga periode kedua selaras dengan pemikiran Geopolitik miliki Soekarno.

Hasto menilai setiap kebijakan yang diputuskan Jokowi selalu berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Terutama, lanjut dia, dalam upaya menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional sehingga banyak menciptakan kebermanfaatan.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

"Kepentingan Nasional Indonesia merupakan suatu pernyataan strategis, berkaitan dengan skala prioritas terpenting di dalam menjabarkan tujuan bernegara," ujar Hasto dalam Seminar Kebangsaan di Universitas Kristen Satya Kencana (UKSW), Salatiga. 

Presiden Jokowi resmikan wajah baru Sarinah.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.
Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Dia menyebut ke depan para pemimpin bangsa, terutama pasca Pemerintahan Jokowi dapat meneruskan buah pemikiran Soekarno. Lantaran dia menilai gagasan tersebut sudah dijalankan dengan baik dalam era kepemimpinan Jokowi saat ini.

Sebab, papar dia, teori Geo Politik Soekarno dapat dibuktikan menggunakan berbagai macam variabel. Mulai dari demografi , teritorial, politik, militer, sumber daya alam, koeksistensi damai, dan sains teknologi.

"Maka ke depan pemimpin nasional termasuk di dalam Pemilu yang akan datang setiap calon presiden harus memahami perspektif geo politik ini," sambung Hasto.

Sebagaimana disampaikan Jokowi, dia menuturkan, di saat menerima kunjungan kenegaraan dari para perdana menteri serta presiden negara tetangga. Tersirat sebuah pesan untuk terus gigih berjuang memajukan Tanar Air.

"Di tengah salaman yang nampak akrab itu pada dasarnya terkandung suatu tekad untuk membangun kepemimpinan Indonesia di antara bangsa-bangsa lain di dunia," terang Hasto.

Baca juga: Hasto: Geopolitik Soekarno Bangun Kepemimpinan Indonesia untuk Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya