Kunjungan ke Asia Timur Selesai, Jokowi Kembali ke Indonesia

Presiden Jokowi di Seoul Airbase Seongnam saat akan kembali ke Indonesia
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah selesai menjalani kunjungan luar negeri ke kawasan Asia Timur. Korea Selatan menjadi negara terakhir yang dikunjungi Jokowi dalam lawatannya ke Asia Timur kali ini.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Setelah menyelesaikan sejumlah agendanya di Korea Selatan, Jokowi kembali bertolak ke Tanah Air pada Kamis malam 28 Juli 2022. Jokowi dan Iriana beserta rombongan berangkat dari Seoul Air Base Seongnam sekitar pukul 21.30 Waktu Setempat dengan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Tampak melepas keberangkatan Jokowi dan Iriana di bawah tangga pesawat yaitu Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Hyun-dong, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto beserta istri Susi Sulistiyanto, Atase Pertahanan RI Korea Selatan Kolonel Pnb. Akal Juang Embryono Teesna Putra beserta istri Santi Mandalika, Duta Besar Korea Selatan untuk RI Park Tae-sung dan Madame Kang Sue Jeong, dan Komandan Seoul Airbase Seongnam Brigadier General Kim Hyun-soo.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Presiden Jokowi bertemu dengan para CEO Korea Selatan.

Photo :
  • Dok. Presiden Jokowi/Twitter

Presiden dan rombongan diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, pada Jumat, 29 Juli 2022 dini hari. 

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Tanah Air yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Seperti diketahui, pada hari ini Presiden Jokowi telah menjalani sejumlah agenda di Korea Selatan. Pertama, Presiden Joko Widodo menerima Executive Chairman Hyundai Motor Group, Chung Eui-sun. Pertemuan ini dilakukan di Lotte Hotel, Seoul.

Presiden Jokowi bertemu dengan para CEO Korea Selatan.

Photo :
  • Dok. Presiden Jokowi/Twitter

Setelah itu, Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Taman Makam Nasional di Seoul. Kunjungan Jokowi ini dilakukan untuk memberikan penghormatan dan merupakan bagian dari rangkaian kunjungan resmi Presiden Jokowi ke Korea Selatan.

Setelah itu, Jokowi dan pemimpin Korea Selatan melakukan pertemuan terbatas di ruang terpisah sebelum keduanya memimpin pertemuan bilateral antara dua delegasi masing-masing negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya