Brigita Manohara Serahkan Bukti Pengembalian Rp480 Juta ke KPK

Presenter Tv Brigita Manohara kembalikan uang ke KPK, Jumat, 29 Juli 2022.
Sumber :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

VIVA Nasional - Presenter TV, Brigita Manohara, memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini, Jumat, 29 Juli 2022. Brigita memenuhi janji soal pengembalian uang hasil korupsi Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Presenter Tv Brigita Manohara kembalikan uang ke KPK, Jumat, 29 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

Lengkapi Berkas

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Selain pengembalian uang, Brigita juga memenuhi panggilan penyidik KPK sebagai saksi di kasus dugaan suap dengan tersangka Ricky Ham Pagawak itu.

"Tadi saya memenuhi panggilan KPK untuk menyerahkan bukti dan termasuk juga melengkapi berkas perkara penyidikan untuk empat tersangka yang kemarin. Sama. Itu saja," kata Brigita di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 29 Juli 2022.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Baca juga: Brigita Manohara Akui Terima Rp480 Juta dari Bupati Mamberamo Tengah

Uang Rp480 Juta

Brigita telah menyerahkan bukti pengembalian dana sebesar Rp480 juta ke rekening penampungan KPK. Uang itu diduga sebagai hasil Tindak Pidana Korupsi, Ricky Ham Pagawak.

"Yang jelas hanya melengkapi berkas sama menyerahkan bukti yang kemarin aku udah sampaikan bahwa aku sudah mengembalikan seluruh uang dan juga barang yang diduga merupakan hasil dari korupsinya RHP. Itu Rp480 juta sudah include semua dan nanti bisa tanya penyidik detailnya ya," kata Brigita lagi.

Presenter Tv Brigita Manohara kembalikan uang ke KPK, Jumat, 29 Juli 2022.

Photo :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

Akui Terima Uang dari Bupati Mamberamo Tengah

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK menjadwalkan pemeriksaan kepada Brigita hari ini, Jumat, 29 Juli 2022. "Tim penyidik juga kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap saksi Brigita Manohara," kata Ali.

Brigita Manohara juga mengakui menerima uang dari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. Uang yang diterimanya hampir setengah miliar rupiah.

"Rp480 juta totalnya," kata Brigita dikonfirmasi awak media, Selasa, 26 Juli 2022.

Biar Cepat Beres

Brigita mengatakan seluruh uang itu dikembalikan ke KPK hari ini. Pengembalian uang itu dikatakan untuk mempercepat pengusutan kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah.

"Biar cepat beres," kata Brigita.

KPK mengapresiasi sikap presenter Brigita Manohara yang memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik, pada Senin, 25 Juli 2022. Mereka juga mengapresiasi sikap Brigita yang bersedia mengembalikan sejumlah uang yang ia terima dari tersangka Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

"KPK apresiasi sikap kooperatif saksi yang hadir dan akan mengembalikan sejumlah uang maupun barang yang pernah diterima dari tersangka," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada awak media, Selasa, 26 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya