Kenang Mendiang Habib Zen bin Umar, Wapres: Beliau Sangat NKRI

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Habib Zen bin Umar
Sumber :
  • BPMI Setwapres

VIVA Nasional – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan duka cita atas meninggalnya Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah, Habib Zein Bin Umar Bin Smith, yang wafat pada Rabu 10 Agustus 2022.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

“Saya ingin menyampaikan belasungkawa, telah meninggal Habib Zein bin Smith,” ungkap Wapres dalam keterangan persnya usai membuka acara One Pesantren One Product Kalimantan Selatan Expo 2022 di Lapangan dr. Murjani Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dikutip dari BPMI Setwapres Jumat, 12 Agustus 2022

KH Maruf Amin.

Photo :
  • VIVA/Eduward
Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

Lebih jauh, Ma’ruf pun mengenang Habib Zein bin Smith sebagai seorang sosok ulama kharismatik dan memiliki hubungan yang dekat dengan pemerintah dalam perjalanannya berorganisasi.

“Pergaulannya luas sekali, pandangannya jernih dan pikiran-pikirannya sangat moderat. Ulama yang sangat toleran di dalam pergaulannya. Saya kira Beliau adalah ulama yang patut menjadi teladan di Indonesia,” sebutnya.

Gibran Akan Temui Wapres Ma'ruf Amin Sore Ini

Disisi lain Wapres menyebut, Habib Zen merupakan tokoh yang sangat pro terhadap NKRI, serta sering membantu pemerintah dengan wawasannya yang luas.

“Beliau memang sangat luwes bergaul dan sangat NKRI sekali dan bekerja sama dengan pemerintah, membantu pemerintah, dan Beliau bahkan juga masuk di dalam pengurus Mustasyar atau penasihat dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama,” lanjutnya.

Ma’ruf juga mengungkapkan kedekatannya dengan Habib Zein bin Smith yang telah terjalin lama, baik dalam lingkup formal maupun nonformal. Mengenang perjalanan tersebut, Ma’ruf kembali mengutarakan belasungkawanya atas meninggalnya salah satu ulama terbaik Indonesia ini.

“Saya sangat dekat sekali, sebab setiap ada acara Rabithah Alawiyah saya selalu diundang, baik acara yang formal maupun dalam arti kita berbicara dari hati ke hati. Jadi saya sangat mengenal beliau,” tutur Wapres.

“Beliau ini ulama yang sangat disegani, yaitu pimpinan para habaib itu, beliau dulu ketua Rabithah Alawiyah dan sekarang Ketua Dewan Syuronya, penasihatnya. Jadi saya ingin mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un,” pungkasnya.

Habib Zen bin Umar bin Sumait meninggal dunia

Photo :
  • Instagram @listyosigitprabowo

Sebelumnya, Kabar duka ini terkonfirmasi dari pernyataan resmi DPP Rabithah Alawiyah. Seluruh pengurus Rabithah menyatakan duka mendalam atas wafatnya sosok yang telah memberikan banyak contoh, ilmu, dan sumbangsih pada perkembangan keumatan, khususnya pada keluarga besar alawiyyin.

“Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un duka mendalam bagi Rabithah Alawiyah atas wafatnya ketua dewan syuro kami Habib Zen Bin Umar Bin Sumaith. Atas nama organisasi kami memohon doa dari masyarakat agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” begitu pernyataan resmi DPP Rabithah Alawiyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya