Kapal LCT Pertamina Kebakaran di Mappi Papua, 1 Orang Tewas

Ilustrasi kebakaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA Nasional – Dua unit kapal yang bersandar di dermaga milik Pertamina Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua, dilaporkan terbakar, sekira pukul 01.45 WIT. Dari peristiwa itu 1 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4 orang belum ditemukan.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pihaknya mendapat laporan terjadi kebakaran dari warga setempat, sekira pukul 01.45 WIT. Anggota Polsek Asgon Polres Mappi langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP)

"Setelah mendapat laporan itu anggota langsung menuju ke dermaga untuk memadamkan api dengan bantuan masyarakat setempat menggunakan alat seadanya," ujar Kombes Kamal saat memberikan keterangan persnya di Ruang media Center Bid Humas Polda Papua, Kamis, 18 Agustus 2022.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kabid Humas Polda Papua Kombel Ahmad Musthofa Kamal

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Berdasarkan keterangan saksi, kata dia, api berasal dari kapal kayu Purnama milik saudara Ucok yang saat itu sedang berlabu di sebelah kapal Minyak LCT milik Pertamina tiba-tiba api muncul dari Kapal Kayu Purnama dan menyambar ke kapal minyak sehingga api semakin besar serta menimbulkan ledakan dan membakar body kapal LCT.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Untuk penyebab pastinya kebakaran tersebut, masih dilakukan penyelidikan oleh personel Satuan Reskrim Polres Mappi dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan kapal BB," ucapnya.

Menurut Kamal, saat kejadian, Kapal LCT milik Pertamina telah selesai melakukan pembongkaran BBM, namun karena belum ada surat jalan untuk kembali ke Merauke dari Asgon, sehingga kapal minyak LCT masih di Asgon sambil menunggu surat keluar dari Dishub Distrik Asgon.

Lebih lanjut Kombes Kamal menjelaskan, 12 orang dari Kapal Minyak LCT Pertamina menjadi korban, 1 orang bernama Markus Tangke meninggal dunia dan 2 orang belum ditemukan dan lainnya mengalami luka bakar. 

Ilustrasi kapal Pertamina.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara dari kapal kayu terdapat 4 korban dengan rincian 2 orang belum ditemukan dan 2 orang mengalami luka bakar dan sedang dirawat.

"Korban dari kejadian tersebut ada 16 orang dari kapal kayu dan Kapal Minyak LCT Pertamina dengan rincian 1 orang meninggal dunia an. Markus Tangke dan 4 orang an. Pardi, Herman, Rama, Ucok," katanya.

Ia menambahkan kejadian kebakaran dua unit kapal ini telah ditangani oleh Satuan Reskrim Polres Mappi, dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan untuk korba

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya