Enam Wilayah di NTT Terancam Kekeringan, BMKG Minta Warga Waspada

Ilustrasi areal persawahan yang mengalami kekeringan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai ancaman bencana kekeringan di enam wilayah yang tersebar di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Wilayah-wilayah yang terancam bencana kekeringan mengalami hari tanpa hujan lebih dari 61 hari dengan peluang di atas 70 persen," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu, 24 Agustus 2022.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini kekeringan di wilayah NTT.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Ilustrasi BMKG

Photo :
  • TvOne/ Ifan Gusti

Rahmattulloh menyebutkan enam wilayah yang terancam bencana kekeringan yaitu Kecamatan Kota Raja dan Kecamatan Oebobo di Kota Kupang, Kecamatan Rote Barat Laut di Kabupaten Rote Ndao, Kecamatan Hawu Mehara dan Kecamatan Raijua di Kabupaten Sabu Raijua, dan Kecamatan Haharu di Kabupaten Sumba Timur.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

"Keenam wilayah tersebut berstatus awas kekeringan sehingga perlu diwaspadai masyarakat setempat terhadap berbagai dampak yang ditimbulkan," katanya.

Rahmattulloh mengimbau masyarakat di wilayah-wilayah tersebut agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana kekeringan yang berdampak pada sejumlah hal seperti pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan.

Ilustrasi/Kemarau atau kekeringan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Selain itu, berkurangnya ketersediaan air tanah sehingga dapat menyebabkan kelangkaan air, serta meningkatnya potensi kemudahan terjadinya kebakaran.

Ia menyarankan para petani petani agar kegiatan menanam diutamakan pada tanaman yang tidak membutuhkan banyak air sehingga berpeluang memberikan hasil untuk dipanen.

Masyarakat, kata dia, juga perlu menghindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan karena bisa meluas dengan cepat di saat musim kemarau.

"Upaya antisipasi perlu dilakukan dengan tepat untuk dapat meminimalisir dampak kerugian akibat bencana kekeringan," katanya. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya