Fakta Brimob Berbaju Loreng Omeli Wartawan, Irjen Dedi Minta Maaf

Oknum Brimob yang marahi wartawan jelang sidang etik Ferdy Sambo.
Sumber :
  • Instagram.com/warungjurnalis

VIVA Nasional – Polri menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya peristiwa seorang anggota Brimob yang membentak dan marah-marah ke awak media jelang sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Irjen Ferdy Sambo. Peristiwa ini terjadi pada Kamis, 25 Agustus 2022 pagi di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri.

Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

"Sebelum saya menyampaikan pelaksanaan sidang Komisi Kode Etik Polri, saya sebagai Kadiv Humas pertama kali menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada rekan media yang mungkin dalam peliputan sidang ini ada yang kurang berkenan atau membuat rekan-rekan tidak nyaman," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat, 26 Agustus 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Photo :
Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

"Mungkin, perisitiwa tadi pagi (anggota Brimob bentak wartawan), saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan," sambungnya.

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan apresiasi terhadap awak media yang telah mengawal proses kinerja tim khusus (timsus) terkait dengan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

Terkuak Penyebab Fortuner Pelat Polisi yang Kecelakaan di MBZ Berubah Pelat Nomornya

"Rekan-rekan telah memberikan informasi secara update, kinerja dari timsus dan memberikan literasi kepada masyarakat. Ini merupakan komitmen Bapak Kapolri agar timsus bekerja secara transparan, objektif dan akuntabel," jelas Dedi.

Eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo usai jalani sidang etik pemecatan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Kronologi

Diberitakan sebelumnya, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri. Sidang digelar mulai pukul 09.25 WIB.

Namun, jelang sidang etik dimulai sempat terjadi kericuhan antara anggota Brimob dengan para wartawan yang hendak meliput proses persidangan tersebut.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, mulanya para wartawan yang berada di depan Gedung TNCC diizinkan masuk ke dalam untuk mengambil gambar Irjen Ferdy Sambo saat memasuki ruang sidang. Kemudian, para wartawan yang ada di depan langsung memasuki area dalam gedung dengan berdesakkan.

Brimob berseragam loreng di Bareskrim

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Terlihat personil Polri dan Brimob turut berjaga di dalam gedung untuk membuat batas bagi wartawan. Namun, salah satu anggota Brimob bersenjata lengkap dengan kacamata hitam dan masker membentak wartawan. 

"Woi wartawan, dengar, kalian kalau tidak tertib saya tidak peduli, keluar kalian semua," kata anggota Brimob itu dengan nada membentak, Kamis, 25 Agustus 2022.

Mendengar hal tersebut, awak media langsung diam dan perlahan mundur hingga keluar dari gedung untuk meliput sidang etik Irjen Ferdy Sambo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya