Penyebab Kebakaran Ruang Tipikor Polda Sumatera Utara

Kebakaran di Gedung Direktorat Reserse Kriminak Khusus Polda Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Nasional – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara membeberkan penyebab kebakaran di lantai II gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, terjadi Kamis malam, 25 Agustus 2022, sekitar pukul 21.50 WIB.

2 Pekerja Luka-luka Imbas Ledakan di Smelter Nikel Kaltim, Begini Kronologinya

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi menjelaskan diduga kebakaran disebabkan arus pendek listrik berasal dari AC di ruangan staf Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut berukuran 2 meter x 3 meter.

"Diduga api, berasal dari arus pendek AC. Yang di bawahnya terdapat kontainer plastik berisi hand sanitizer, tisu, dan beberapa peralatan dapur yang mudah terbakar," ucap Hadi kepada wartawan, Jumat 26 Agustus 2022.

Polisi Sebut Kernet Bus Maut di Subang Bisa Saja Jadi Tersangka

Lantai 2 Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut terbakar.

Photo :
  • B.S Putra/VIVA.

Hadi mengungkapkan penyebab kebakaran itu, diketahui berasal rekaman CCTV yang berada di ruangan tersebut. Namun, kebakaran tersebut, tidak menimbulkan berkas terbakar dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Kisah Kakek Handoko yang Selamat dari Kebakaran Saat Nginep di Hotel

"Jadi, itu berdasarkan pantauan CCTV yang berada di ruangan tersebut. Alhamdulillah, tidak ada berkas-berkas yang terbakar, tidak ada korban, dan tidak ada kerugian yang lain," jelas Hadi.

Hadi mengatakan untuk pemadaman api langsung dilakukan olah petugas piket. Kemudian, dilakukan pendingan oleh petugas pemadam kebakaran Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (DP2K) Kota Medan.

"Api sudah padam tadi oleh piket pakai Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sebelum pemadam datang. Kemudian, dilakukan pendinginan agar tidak menjalar ke ruangan lain," kata Hadi.

Terpisah, Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan, Ronald F. Sihotang mengungkapkan bahwa api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIB.

"Objek terbakar yaitu ruangan yang berada di lantai 2 fasilitas umum milik Kepolisian Daerah Sumatra Utara," ucap Ronald.

Baca juga: Kebakaran di Gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya