Lebih 10 Ribu Orang Tumpah Ruah Ikuti Kirab Merah Putih di Bundaran HI

Kirab Bendera Merah Putih di Bunderan HI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Puluhan ribu masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan budaya ikut menggelar kirab kebangsaan di Bundaran HI, Minggu, 28 Agustus 2022. Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter dibentangkan mulai dari Monas sampai Bundaran HI.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Dikutip dari Antara, kirab ini diikuti oleh beragam elemen masyarakat lintas agama, pelajar, pemuda, instansi pemerintah, santri, TNI-Polri hingga berbagai organisasi masyarakat.

Kirab Merah Putih sebagai acara kebudayaan dan berkesenian dalam keberagaman yang bertujuan meningkatkan persatuan bangsa. Acara ini juga dibuat sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-77 RI.

Momen Meriah Prosesi Kirab Dugderan di Semarang Meski Diguyur Hujan

Kirab Bendera Merah Putih di Bunderan HI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tampak rombongan marching band memimpin iring-iringan kirab budaya. Sejumlah rombongan tampak mengenakan pakaian adat daerah, pakaian santri, hingga baju bertuliskan Kirab Merah Putih.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

Pun, begitu tiba di Bundaran HI sekitar pukul 8.15 WIB rombongan pengirab bendera mengelilingi Bundaran HI. Mereka kemudian melanntunkan lagu kebangsaan Indonesia raya bersama-sama. 

Rombongan kirab juga membaur dengan para peserta car free day yang memenuhi Bundaran HI. Kemudian, acara di Bundaran HI dilanjutkan dengan tausiyah kebangsaan dan ikrar oleh Habib Luthfi bin Yahya.

Kirab Bendera Merah Putih di Bunderan HI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, pidato oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta pembacaan doa oleh para tokoh agama.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu pagi melepas Kirab Merah Putih dari depan Istana Merdeka, Jakarta, sekira pukul 7.00 WIB. Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pagelaran seni yang mengangkat beragama kearifan lokal. Pihak kepolisian memperkirakan Kirab Merah Putih dihadiri lebih dari 10.000 orang peserta. Acara ini dijadwalkan berakhir sekitar pukul 09.00 WIB. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya