Komnas HAM Beberkan Video Penting Kasus Penembakan Brigadir J

Komnas HAM memperlihatkan potongan video terkait kasus pembunuhan Brigadir J.
Komnas HAM memperlihatkan potongan video terkait kasus pembunuhan Brigadir J.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Nasional – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memperlihatkan potongan video, terkait rangkaian peristiwa pembunuhan Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, video ini menjadi bagian penting yang dapat menyatukan rangkaian peristiwa jelang penembakan Brigadir J. Menurut dia, potongan video tersebut tidak pernah tersebar sebelumnya kepada publik.

"Video ini sengaja kami potong untuk menampilkan bagian-bagian yang penting yang bisa masuk ke dalam video. Kalau video yang tersebar di publik, ini tidak ada, padahal ini sangat penting dalam konstruksi peristiwa," ujar Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Kamis, 1 September 2022.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Berdasarkan video yang diperoleh dari raw material tersebut, terlihat dua orang naik dan turun melalui lift di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III. Menurut Anam, kedua orang tersebut merupakan ajudan Sambo yang dipanggil menemuinya di lantai 3 rumah tersebut. 

Anam menjelaskan, dalam potongan video itu Ferdy Sambo menanyakan ke ajudannya untuk mau atau tidak menembak Brigadir J.

"Video ini, ada dua orang yang naik dan turun. Itu menceritakan FS (Ferdy Sambo) yang memanggil ADC (ajudan). Di titik ini, FS ingin tahu apa yang terjadi dalam peristiwa Magelang, salah satunya kalau kita kenal itu ada saudara Bharada E," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title