Tolak Kenaikan Harga BBM, GMNI-HMI Gelar Demonstrasi di Gedung DPR

Massa Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) berdemonstrasi
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVA Nasional - Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar demo memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak. Salah satu demo akan digelar di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

GMNI dan HMI

Demo tersebut direncanakan dimulai pukul 13.00 WIB. Aksi unjuk rasa tersebut akan diikuti oleh elemen dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Massa HMI saat turun dalam aksi 4 November 2016.

Photo :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

"Iya betul nanti sebagian teman-teman dari DKI Jakarta. Kemarin belum aksi semuanya ya dan ini sekarang aksinya," kata Ketum GMNI, Arjuna Putra Aldino, saat dihubungi, Senin, 5 September 2022.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Baca juga: Tarif Angkot di Medan Naik 30% Menyesuaikan Harga BBM Pertalite

Ratusan Orang

Arjuna mengatakan pihaknya akan sama-sama menggelar aksi dengan massa dari HMI. Ratusan orang diperkirakan mengikuti demonstrasi di depan gedung DPR hari ini.

"Karena ini Jabodetabek ya sekitar 300 sampai 400 orang dan itu juga gabungan," kata Arjuna.

Batalkan Kenaikan Harga BBM

Menurut Arjuna, pihaknya akan menuntut pemerintah membatalkan kebijakan kenaikan harga BBM. Selain itu, dia memastikan tidak akan membuka ruang audiensi dengan perwakilan dewan saat demo di depan Gedung DPR hari ini.

"Kita pure sampaikan pendapat. Tidak membuka ruang, tidak ada pembahasan," kata dia.

Ilustrasi massa HMI.

Photo :
  • VIVAnews/Luqman

Sebelumnya diberitakan, ada 9 titik lokasi unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat yang digelar hari ini, 5 September 2022. Aksi unjuk rasa ini menuntut penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak alias BBM Subsidi.

"Ada 9 titik, 19 elemen," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Purwanta, kepada wartawan, Senin, 5 Sepetember 2022.

Namun, tidak dirinci di mana saja lokasi 9 titik aksi tersebut. Dia belum tahu berapa jumlah massa yang akan turun aksi. Jumlah massa setiap aksi berbeda. Kata Purwanta, ada demo yang berjumlahkan massa 100 orang, ada yang cuma 60 orang.

"Belum ada kepastian. Ada yang 100, terus nanti ada yang 60," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya