Ini Kata Wali Kota Cilegon Dirinya Disebut Tolak Pendirian Gereja

Helldy Agustian.
Sumber :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

VIVA Nasional – Video Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta menandatangani penolakan pendirian gereja yang dituliskan di sebuah kain putih. Video itu diambil di kantor wali kota Cilegon, pada Rabu, 07 September 2022 kemarin.

Soal Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Kekerasan di Tangsel, Ini Kata Kemenag

Kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Komite Penyelamat Kearifan Lokal Kota Cilegon sebelumnya mendatangi gedung DPRD dan menemui pimpinan lembaga legislatif tersebut. Selanjutnya mereka mendatangi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Terkait viralnya video kepala daerah yang turut serta menolak pendidikan gereja, Helldy Agustian pun angkat bicara. Dia berdalih untuk memenuhi keinginan masyarakat Kota Cilegon yang datang ke kantornya.

KPK Segera Eksekusi Bupati Mimika Omaleng Usai Vonis Bebasnya Dianulir MA

Screenshot foto Wali Kota Cilegon disebut tolak pendirian gereja

Photo :
  • Istimewa

"Hal tersebut adalah memenuhi keinginan masyarakat Kota Cilegon yang terdiri dari para ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan organisasi masyarakat," kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian di Cilegon, Banten pada Kamis, 8 September 2022.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Terkait rencana pembangunan gereja di Kota Cilegon, Helldy berdalih pihaknya belum pernah menerima dokumen perizinan sehingga pemerintah tidak bisa memprosesnya.

Meski begitu, Helldy memastikan panitia pendidikan gereja telah bertemu dengannya pada 6 September 2022 dan menyampaikan akan menempuh proses sesuai Peraturan Menteri Bersama Nomor 8 dan 9 tahun 2006.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian (baju dinas)

Photo :
  • Istimewa

"Panitia hanya menyampaikan informasi proses persyaratan pembangunan rumah ibadah yang belum terpenuhi sebagaimana di atur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Pemerintah Kota Cilegon belum pernah menerima permohonan pendirian rumah ibadah," kata dia.

Wali Kota Cilegon menerangkan, syarat yang belum terpenuhi oleh panitia pendirian gereja yakni dukungan masyarakat sekitar, rekomendasi Kemenag Cilegon dan rekomendasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Politikus Partai Berkarya itu lalu meminta semua pihak untuk bersabar soal kepastian pembangunan bangunan gereja tersebut.

"Setelah persyaratan terpenuhi, barulah panitia mengajukan permohonan izin pembangunan tempat ibadah melalui OSS sesuai Undang Undang Cipta Kerja," kata dia.

Sebelumnya viral video di media sosial yang mana Wali Kota Cilegon ada dalam video penolakan pembangunan gereja HKBP di Cilegon. Disebutkan dalam audio video tersebut ikut dalam penolakan dan menandatangani selembar kain spanduk yang dibawa oleh massa penolak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya