Ngabalin Jawab Soal Tudingan Jokowi Kabur Dari Istana Tiap Kali Didemo

Ali Mochtar Ngabalin.
Ali Mochtar Ngabalin.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA Nasional – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin, angkat bicara mengenai banyaknya tudingan yang menyebut bahwa Jokowi sengaja menghindar atau kabur dari Istana setiap kali ada demonstrasi yang dilakukan sejumlah kelompok masyarakat. Menurut Ngabalin, tudingan itu merupakan Fitnah.

Ngabalin menjelaskan, agenda Presiden Jokowi untuk ke daerah ataupun ke sejumlah tempat merupakan agenda yang telah disusun lama. Sehingga tidak ada kesengajaan dari Presiden untuk menghindari adanya demo massa.

"Jangan membuat penyebaran fitnah di mana-mana karena agenda Presiden baru diatur seminggu dua minggu. Agenda presiden diatur 3 bulan sebelumnya, termasuk seperti kunker Pak Presiden ke Maluku Utara di (Kepulauan) Kei, di Tual," kata Ngabalin, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 13 September 2022 

Demo Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM

Demo Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurutnya, meskipun Presiden Jokowi sedang tidak berada di Istana Kepresidenan, namun para staf Presiden tetap berada di Istana. Para Staf Kepresidenan siap untuk menerima aspirasi dari masyarakat yang melakukan aksi unjuk rasa.

"Itu sebabnya siapa saja berdemonstrasi hari ini menyangkut dengan masalah penyesuaian BBM, kami sampai sekarang masih ada di istana," ujar Ngabalin

Menurut Ngabalin, Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, memerintahkan jajarannya untuk tetap berada di Istana selama Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke luar negeri ataupun keuar daerah. Sehingga mereka dapat menjadi perwakilan Istana untuk mendengarkan keluhan masyarakat selagi Presiden tak berada di tempat.