Kapal Terbakar Akibat Puntung Rokok di Masalembu Madura, 1 Tewas

Kapal yang terbakar di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.
Sumber :
  • Bidhumas Polda Jatim

VIVA Nasional – Kapal Motor Sabuk Nusantara 91 dilaporkan terbakar diduga gegara puntung rokok di Pelabuhan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Jumat, 16 September 2022. Akibatnya, satu penumpang dilaporkan meninggal dunia dan tiga orang lainnya sesak napas.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Dirmanto. Keterangan sama disampaikan Kepala Kepolisian Resor Sumenep Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Edo Satya Sentriko. “Benar [terjadi peristiwa kapal terbakar di Masalembu],” kata AKBP Eko dikonfirmasi wartawan.

Eko menjelaskan, peristiwa nahas itu terjadi sekira pukul 06.30 WIB. Saat itu, kapal bersiap-siap berangkat menuju Pulau Karamian. Tiba-tiba kapal terbakar akibat puntung rokok yang masih menyala yang dibuang penumpang di ruang kantin kapal.  "Puntung rokok yang dibuang mengenai busa kasur di kantin dan menimbulkan kebakaran," kata Eko.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Kapal yang terbakar di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Photo :
  • Bidhumas Polda Jatim

Akibatnya, seorang penumpang bernama Novi Albert Lambogia (56 tahun), warga Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur, meninggal dunia. Sementara tiga penumpang lainnya dilarikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat Masalembu karena mengalami sesak napas.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Ketiga korban sesak napas itu ialah Daniel (57) warga Surabaya, Pujiawati (46) dan Norbiya (57) warga Sumenep, Madura. “Tiga korban lainnya di kantin mengalami sesak napas karena asap hitam, sekarang dirawat di Puskesmas Masalembu," ujar Eko.

Beruntung, api tak sampai membesar dan berhasil dipadamkan. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan kapal dilaporkan sudah berlayar kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya