Demi Yaa Qowiyyu, Menko Airlangga Absen Hadiri IMT-GT di Thailand

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri acara pem
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq.

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, tidak hadir dalam pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-8 yang digelar di Phuket, Thailand pada 15-16 September 2022. Absennya Ketua Umum Partai Golkar dalam pertemuan tiga negara itu lantaran lebih memilih hadir di acara pembagian kue apem yaa qowiyyu di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

Menko Airlangga menilai tradisi yaa qowiyyu merupakan acara yang sangat spesial. Sebagai salah satu keturunan dari Kiai Ageng Gribig, ia pun menyempatkan diri untuk bisa hadir secara langsung mengikuti prosesi haul leluhurnya dan pembagian apem.

Bahkan, Airlangga mengaku demi bisa mengikuti ritual yaa qowiyyu di Jatinom, Klaten sampai membatalkan untuk menghadiri acara pertemuan ke-8 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle yang digelar di Phuket, Thailand. Lantaran absen dalam pertemuan tiga negara itu, ia pu mengutus perwakilan menggantikan dirinya.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Menko Airlangga usai pertemuan U20.

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA.

“Hari ini sebetulnya harus ada di Thailand karena Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle itu di bawah koordinasi saya. Tapi karena saya memilih untuk ke Solo dan Klaten, maka saya tugaskan Menteri Perindustrian berangkat ke sana,” kata dia saat menghadiri pertemuan Srawungan Sanak Mangkunegaran di Hotel Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jumat, 16 Maret 2022.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Setelah menghadiri prosesi yaa qowiyyu, ia yang didampingi sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi Golkar langsung bergeser ke Solo untuk hadir dalam acara Srawungan Sanak Mangkunegaran di Sahid Kusuma Prince Hotel, Solo. Ia menghadiri pertemuan para kerabat Pura Mangkunegaran karena merupakan trah keturunan dari KGPAA Mangkunegara VI.

Selain dihadiri kerabat Pura Mangkunegara, pertemuan tersebut juga dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Pertemuannya denyan Gibran, Airlangga menitipkan pesan agar aktif ikut melestarikan dua pusat kebudayaan di Solo, Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

Selain dihadiri para kerabat trah Puro Mangkunegaran, dalam pertemuan itu juga hadir Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Dia pun sempat menitip pesan kepada putra sulung Presiden Jokowi itu agar menjaga pelestarian Puro Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta.

“Pak Wali boleh nitip Kasunanan ditengok-tengok sedikit pak. Saya tahu memang tidak sederhana tetapi kalau dirapihin tambah rapih pak. Kalau pesawat, Solo itu punya twin engine, satu Mangkunegaran dan satu Kasunanan. Nah itu sejarahnya sebelum ada sejarah Indonesia, sejarahnya ada di situ semua,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya