Berantas Dolbon, 250 Rumah Di Cilegon Dibangunkan Tempat MCK

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional – Sebanyak 250 rumah di Kampung Watu Lawang, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten, dibangun tempat Mandi, Cuci, Kakus (MCK)-nya. Lantaran, ratusan rumah itu belum memiliki jamban untuk buang air besar, sehingga masih melakukannya di kebun atau biasa disebut ‘dolbon’.

7 Insiden di 2024 Hanteo Music Awards, Penonton BAB hingga Berhubungan Seks

Jika kita biasa bepergian ke arah Pelabuhan Merak dan melewati ruas tol Tangerang-Merak, lokasi perkampungan berada di atas pegunungan di sebelah kanan ruas tol tersebut.

"Ini merupakan program dari Kemenkes, dibantu juga CSR dari perusahaan di sekitar sini, Alhamdulillah Watu Lawang ini daerah terakhir yang diharapkan bebas buang air sembarangan. Sehingga target kita tahun 2023, Kota Cilegon Zero Open Defecation Free atau ODF," kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, usai peletakan batu pertama, Sabtu, 17 September 2022.

Ahli Ungkap Alasan Kenapa Pria Lebih Lama Habiskan Waktu di Toilet Saat Buang Air

Pembangunan MCK dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat. Berbagai perusahaan hang membantu program Kemenkes dan Pemkot Cilegon yakni PT Pertamina Patra Niaga, PT Statomer, PT Lotte Chemical Indonesia, PT Lotte Chemical Titan Nusantara dan PT Kine Project.

Kisah Inspiratif 5 Siswa SMA dalam Mengatasi Krisis Air Bersih

"Closet jongkok juga kita berikan langsung ke masyarakat yang belum memiliki MCK," terangnya.

Setelah MCK jadi, masyarakat diminta untuk menjaga nya dengan baik dan tidak lagi buang air besar sembarangan di kebon atau kerap disebut dolbon, agar kehidupan warga sekitar menjadi lebih sehat.

Selain jorok, buang air besar sembarangan juga mengganggu kesehatan. 

"Kita bersama masyarakat juga sudah berkomitmen, dengan mengikrarkan diri, untuk berhenti buang air besar sembarangan," ucap Lurah Gerem, Rahmadi Ramidin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya