Jenazah Azyumardi Azra Dijadwalkan Tiba di Indonesia Senin Malam

Tangkapan layar - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra ketika membuka acara P
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

VIVA Nasional – Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono berencana mengantar jenazah almarhum Profesor Azyumardi Azra sekaligus mendampingi keluarga almarhum ke Tanah Air. Namun, Dubes belum dapat memastikan waktu persisnya jenazah dipulangkan.

UP Kerjasama dengan University of Malaya, Ini yang akan Dilakukan

Menurut Hermono, jenazah almarhum Azyumardi Azra saat ini tengah dalam proses penyiapan untuk pemulangan ke Indonesia, dan akan diberangkatkan ke Tanah Air segera setelah beberapa dokumen sebagai persyaratan membawa jenazah keluar negeri dipenuhi hari ini.  

"Selaku Kepala Perwakilan RI, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan bantuan sejak Azyumardi dirawat hingga meninggal dunia, termasuk kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memfasilitasi pengiriman jenazah dan keluarga ke Jakarta," kata Hermono dalam keterangannya dikutip Antara, Senin. 

Deretan Kontroversi Presiden Iran Ebrahim Raisi yang Tewas Akibat Kecelakaan Helikopter

Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono menerima telepon di kantornya

Photo :
  • ANTARA/Virna P Setyorini

Sebelumnya, pihak keluarga menyampaikan bahwa jenazah Profesor Azyumardi Azra dijadwalkan tiba di Tanah Air dari Malaysia pada Senin malam, 19 September 2022. 

Ayah Ojak Labrak Jemaah Malaysia yang Hina Indonesia Negara Miskin

"Insyaallah kalau tidak ada perubahan lagi hari Senin (19/9) malam sekitar jam 11 malam sudah sampai ke Indonesia, disemayamkan terlebih dahulu di rumah. Hari Selasa (20/9) paginya disalatkan di UIN, pelepasan di UIN baru ke makam. Kami masih nunggu dari UIN apakah (disalatkan) di Masjid SC (Student Center) atau di auditorium," kata Armia Putriana selaku keponakan Azyumardi di rumah duka almarhum di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan,
 
Adapun untuk lokasi pemakaman, Armia mengatakan jenazah akan tetap dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Masih, tidak ada perubahan, tetap di Taman Makam Pahlawan Blok Z. Perubahannya hanya waktu, mohon doanya semoga tidak ada perubahan lagi," ujar Armia.

Sementara itu, Dubes Hermono melanjutkan KBRI Kuala Lumpur memfasilitasi dan memberikan bantuan sejak Azyumardi dirawat pada unit CCU di Rumah Sakit Serdang, Selangor, hingga proses pemulangan ke Indonesia.

Sejak awal KBRI Kuala Lumpur juga telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga Azra tentang perkembangan perawatan almarhum di rumah sakit Serdang. 

Selain itu, juga memfasilitasi kedatangan isteri dan putra almarhum pada Sabtu (17/9) ke Kuala Lumpur untuk menjenguk dan pendampingan saat perawatan hingga pada proses pemulangan jenazah.

Azyumardi Azra

Photo :
  • Istimewa / Wikipedia

Perhatian dari Pemerintah Malaysia sangat tinggi dalam penanganan perawatan dan proses pemulangan jenazah almarhum ke Indonesia.

Termasuk takziah dari sejumlah tokoh Malaysia, di antaranya Anwar Ibrahim beserta isteri, anggota DUN/Parlemen Selangor Prof Dr Muhammad Nor Manuty dan sejumlah Senator dan anggota Parlemen.

Para tokoh tersebut menyempatkan waktu khusus datang dan menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada pihak keluarga dan Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono.

Hermono menyampaikan terima kasih atas perhatian dari sejumlah tokoh dan anggota legislatif yang hadir di rumah sakit Serdang, Selangor.

Ia mengatakan meninggalnya Prof Azra mendapat perhatian luas masyarakat dan media Malaysia karena almarhum dikenal luas sebagai intelektual Muslim terpandang serta memiliki banyak sahabat di Malaysia.

Profesor Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu, 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya