Tabloid Anies Baswedan, Walkot Malang: Masjid Bukan Ladang Kampanye

Tabloid yang menulis pencitraan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Istimewa/Lucky Aditya

VIVA Politik – Wali Kota Malang, Sutiaji angkat bicara soal penyebaran tabloid berisi tentang segudang prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia sudah meminta Dewan Masjid Indonesia atau DMI, untuk mengeluarkan instruksi ke masjid-masjid agar tidak menjadikan tempat ibadah sebagai ladang kampanye politik.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Tabloid yang mengkampanyekan Anies Baswedan ini, disebar di Masjid Al-Amin di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang. Tabloid itu dibagikan saat salat Jumat pada 16 September 2022.

Wali Kota Malang, Sutiaji

Photo :
  • VIVA / Lucky (Malang)
Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

"Kami meminta DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Malang untuk membagikan selebaran anjuran instruksi pada masjid. Agar masjid jangan dijadikan ladang kampanye," kata Sutiaji di Balai Kota Malang, Selasa, 20 September 2022.

Sutiaji menerangkan, aturannya sudah jelas. Tempat ibadah termasuk masjid dilarang untuk dimanfaatkan sebagai tempat kampanye. Sebab, bahaya dari aktivitas kampanye adalah perpecahan umat.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

"Jangan membawa dan menarik-narik urusan yang berbau politik ke tempat ibadah. Walaupun di tempat ibadah, nanti dapat menimbulkan kekacauan umat. Jangan sampai menghilangkan nilai-nilai baik yang ada di sana," ujar Sutiaji.

Hingga saat ini belum diketahui siapa penyebar tabloit tentang Anies Baswedan ini. Pemkot Malang dengan tegas menyayangkan penyebaran tabloit ini karena dilakukan di masjid saat salat Jumat.

"Jadi ini tempat ibadah jangan sampai dibuat untuk kampanye atau sebagainya. Kalau di tempat umum saya kira silahkan saja. Kalau di masjid saya akan buat selebaran ke DMI," tutur Sutiaji.

Sebelumnya, viral di media sosial twitter tentang menyebarnya tabloid yang berisi sepak terjang dan prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Postingan itu pertama kali diunggah oleh akun bernama @AkuAtikaFaya pada Minggu, 18 September 2022.

"Kaget dirumah ada tabloid kek gini, isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana ditempat kalian ada juga kah," tulisnya.

Sementara itu, dalam tabloid 12 halaman itu terlihat jelas gambar Anies Baswedan dengan judul "Mengapa Harus Anies?" pada bagian cover tabloid. Lalu beranjak pada halaman dari redaksi tertulis judul "Antara ARB dan ABW, 'Anies' sajalah".

Kemudian di halaman utama tertulis sejumlah rekor sejumlah penghargaan untuk DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies. Serta deretan prestasi Anies mulai 2018 hingga 2022 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya