Said Aqil Siroj Institute Usul Ada Tim Advokasi di Pesantren

Forum Gus Discussion menggelar diskusi terkait pesantren.
Forum Gus Discussion menggelar diskusi terkait pesantren.
Sumber :
  • Dok. Said Aqil Siroj Institute.

VIVA Nasional - Direktur Eksekutif Said Aqil Siroj Institute Sa’dullah menyatakan bahwa RI adalah negara hukum, sehingga pesantren harus dapat meneladani kepatuhan pada hukum. Yang menjadi acuan dalam menyelesaikan masalah.

Advokasi Pesantren

Bahkan, tokoh yang akrab disapa Kang Sa’dun itu mengusulkan perlunya advokasi dalam penyelenggara pesantren. Dia juga berharap pemerintah agar mengapresiasi jika ada pondok atau pengasuh pesantren yang berhasil menemukan metode atau terobosan dalam dunia pembelajaran kitab kuning.

Kontribusi Besar pada Kemajuan Bangsa

Sementara itu, Sahiron Syamsuddin yang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum sekaligus Dewan Pakar SAS Institute mengatakan bahwa pesantren telah berkontribusi besar terhadap kemajuan bangsa, negara dan agama. Karena jauh sebelum Indonesia berdiri, pesantren telah jauh berkiprah di masyarakat.

“Sejalan seperti yang disampaikan Kang Sa’dun, bahwa kepatuhan institusi pesantren terhadap hukum dan norma kebijakan pemerintah adalah penting. Di samping pesantren sebagai elemen bangsa terus memajukan metode pendidikan dan teknologi terapan,” kata Sahiron.

Pesantren Tengah Disorot