Dedengkot KNPB Ditangkap, Polisi Beberkan Kronologinya

Warga Papua tergabung Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tuntut referendum
Warga Papua tergabung Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tuntut referendum
Sumber :
  • Antara/ Spedy Paereng

VIVA Nasional – Aparat Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 kembali berhasil mengungkap jaringan Senjata dan Amunisi (Senmu) KKB di Intan Jaya, Mimika. 

Dalam pengungkapan kasus ini, Kepolisian (Satgas Gakkum) mengamankan ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Mimika yang diduga sebagai pelaku utama dalam kasus ini.

Penangkapan tersebut dikonfirmasi kebenarannya oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal. Penangkapan dari ketua KNPB berinisial YA itu dilakukan pada, Jumat, 23 September 2022. 

Kamal menjabarkan, kronologi penangkapan yang dilakukan pihaknya terhadap tiga tersangka. Yaitu, berinisial MN, BK dan ketua KNPB Mimika YA.

TNI dan Polri geledah Sekretariat KNPB Timika.

TNI dan Polri geledah Sekretariat KNPB Timika.

Photo :
  • VIVA/ Banjir Ambarita.

Mulanya, Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz mencium adanya informasi terkait adanya rencana transaksi Senmu oleh Jaringan Senmu KKB Intan Jaya di Kabupaten Mimika. 

Setelah semua informasi diterima, aparat kepolisian langsung memburu dan melakukan penangkapan terhadap satu pelaku berinisial MN di Kabupaten Mimika.