Terungkap, Ini Isi Paket yang Meledak di Asrama Polri Sukoharjo

Pembungkus paket yang diduga sumber ledakan di asrama polisi di Sukoharjo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Satuan Reserse Kriminal Polres Indramayu mengamankan SJ, pengirim paket tujuan Sukoharjo yang meledak di asrama polisi Polda Jawa Tengah. SJ diamankan di rumahnya pada Minggu malam dan diperiksa hingga Senin dini hari di Mapolres Indramayu.

Gudang Amunisi Meledak dan Tewaskan 20 Tentara, Menhan Kamboja Salahkan Cuaca Panas

"Untuk saksi sudah kita amankan dan sudah kita mintai keterangan," kata Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP Fitran Romajimah, Senin, 26 September 2022

Dihadapan aparat, SJ yang diduga merupakan pengirim paket tersebut, membenarkan melakukan pengiriman melalui akun jual beli online. Paket tersebut merupakan sebuah sumbu kembang api.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP Fitran Romajimah

Photo :
  • tvOne/Opi Riharjo

"Berdasarkan saudara SJ dicocokan dengan riwayat akun Shoope isi dari kotak bungkus tersebut adalah sumbu kembang api dengan panjang satu meter isi 50 lima puluh barang dengan harga kurang lebih Rp 100 ribu, tadi malam kita sudah melakukan klarifikasi untuk penanganan selanjutnya kita serahkan ke Polda Jawa Tengah," ungkap AKP Fitran

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Sementara, berdasarkan keterangan awal, polisi membenarkan SJ telah mengirimkan pesanan dari akun Shopee. Berdasarkan riwayat pengiriman, paket tersebut dikirimkan pada april 2021, dengan penerima akun online shop bagong 1199.

"Di sekitaran TKP ditemukan adanya bungkus paket yang pengirimanya dari CV Mandiri kabupaten Indramayu melalu jasa pengiriman JNT dengan nomer resi JP 8439026691, kemudian setelah kita melakukan pengecekan didapat identitas pengirim dari CV Mandiri tersebut atas nama SJ alamat kecamatan Jatibarang kabupaten Indramayu," ujarnya

Dari hasil keterangan sementara, polisi mengamankan SJ, warga kecamatan Jatibarang, kabupaten Indramayu, Jawa Barat. SJ diamankan dari rumahnya, untuk dimintai keterangan sebagai saksi pengirim paket tersebut. 

"Kita lakukan konfirmasi membenarkan bahwa paket tersebut dikirim oleh saudara SJ pada tanggal 20 April tahun 2021 kita juga cek melalui riwayat pengiriman akun jual beli online yang mana sebelumnya sodara SJ mendapatkan pesanan di akun jual beli online pemilik akun atas nama bagong1199 dengan pemilik sodara AR dengan alamat Tegal Gondo Janti kelurahan Kulon Harjo Sidowayah Jawa Tengah," ungkap AKP Fitran.

Lokasi ledakan di Sukoharjo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Hingga saat ini, status SJ masih sebagai saksi pengirim. Polres Indramayu juga akan terus berkordinasi dengan Polres Sukoharjo dan Polda Jawa Tengah, untuk mengungkap asal-asul dugaan ledakan yang terjadi di asrama polisi polres Sukoharjo, polda Jawa Tengah.

"Pekerjaan pengirim merupakan wiraswasta, untuk CV kalau kita cek terdaftar di perizinan pemda bergerak di chemical," ujar AKP Fitran. 

Sebelumnya, insiden meledaknya sebuah paket di asrama polisi Sukoharjo, Polda Jawa Tengah, terjadi pada minggu petang. Ledakan berasal dari kiriman paket dari Indramayu, Jawa Barat. 

Laporan: Opi Riharjo/tvOne Indramayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya