Krisis Global, Jokowi Minta Masyarakat Rem Pelesiran ke Luar Negeri

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Jokowi hari ini Kamis 29 September 2022 memberikan pengarahan kepada seluruh Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda dan Kajati. Dalam kesempatan ini, Jokowi kembali menyinggung mengenai banyaknya uang dari RI yang mengalir ke luar negeri melalui sektor Pariwisata.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Jokowi sendiri, mengaku sangat membatasi mengenai kunjungannya ke luar negeri, dan melihat apakah dampak positifnya setimpal dengan yang didapat dari kunjungannya ke luar negeri itu. Oleh sebab itu, dari banyak undangan ke luar negeri yang didapat, Jokowi hanya menghadiri dua atau tiga undangan saja dalam setahun.

"Saya diundang ke luar negeri mungkin setahun bisa lebih dari 20 undangan, saya datang paling dua atau tiga, betul-betul saya rem. Ini ada manfaat konkret atau tidak sih karena keluar juga uang kita," kata Jokowi, Kamis 29 September 2022.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi saat bertolak ke Rusia

Photo :
  • Instagram @jokowi

Jokowi kemudian menyindir bahwa banyak pejabat yang melakukan pelesiran ke luar negeri. Para pejabat itu, bahkam memamerkan ke sosial media momen-momen liburan ke luar negeri tersebut dan hal itu menurut Jokowi kurang pantas untuk dilakukan oleh seorang pejabat.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Selain karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi, hal itu juga berpengaruh terhadap perekonomian bangsa. Warga Negara Indonesia, khususnya para pejabat, mestinya dapat mengutamakan untuk berlibur ke tempat wisata yang ada dalam negeri.

"Kenapa dalam situasi krisis Global seperti ini malah berbondong-bondong ke luar negeri, pamer-pamerin di Instagram, apalagi pejabat," ujar Jokowi

Jokowi mengatakan, tempat wisata di Indonesia tak kalah menariknya dengan tempat wisata di luar negeri. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang memukau dan merupakan salah satu tempat wisata terbaik di dunia.

"Kita ini punya daerah-daerah wisata yang baik bali Labuan Bajo Wakatobi Toba Raja Ampat Bromo Jogja Bangka Belitung Borobudur Jakarta dan lain-lainnya," ujar Jokowi

Desain dermaga baru di Jurassic Park, Pulau Rinca, Labuan Bajo.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

Jokowi ingin masyarakat Indonesia memprioritaskan liburan di dalam negeri saja. Dia berharap uang yang dikeluarkan itu dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk Indonesia.

"Karena keluar uang juga, kita keluar itu, jadi hal-hal yang seperti itu di rem. Rakyat juga kita beritahu gunakan (uang) untuk wisata di dalam negeri saja," ujar Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya