Pesan Jokowi ke TNI di HUT ke-77: Bertindaklah Secara Profesional

Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara di HUT TNI ke 77
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur upacara dalam Upacara HUT ke 77 TNI di Istana Negara pada hari ini Rabu 5 Oktober 2022. Dalam pidatonya di HUT ke 77 TNI tersebut, Jokowi kembali mengingatkan bahwa saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat.

Warga Terdampak Ledakan Gudmurah Belum Terima Ganti Rugi, Bey Machmudin Bilang Begini

Dalam kondisi penuh tantangan ini, Jokowi meminta agar TNI semakin profesional dan melanjutkan pemenuhan kekuatan pokok minimum atau minimum essential force. Selain itu, TNI juga diharapkan dapat terus melanjutkan kegiatan Bela Negara.

"TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force, pembangunan kekuatan perlu terus selaras dengan pembangunan nasional dan Program bela negara perlu dilanjutkan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi, Rabu 5 Oktober 2022.

Helikopter Carakal TNI AU Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu

Perayaan HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka Jakarta

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi mengatakan, pemerintah, masyarakat, bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Kepala negara berpesan agar TNI terus memegang teguh jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

"Jadilah garda terdepan dalam mengahdapi setiap ancaman, setiap tantangan, setiap hambatan dan gangguan. Bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai pancasila dan UUD 1945, sapta marga dan sumpah prajurit," kata Jokowi

Jokowi menambahkan, "Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat. Terakhir, ingatlah selalu sifat-sifat prajurit. Prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan NKRI," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo di Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Dalam upacara di HUT TNI ini, hadir sejumlah tokoh diantaranya Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Hadir juga Kepala Staf 3 matra yaitu Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, 

Hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo Kepala KSP Jenderal Moeldoko dan Juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sejumlah tokoh lainnya

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya