Mega Usul Kumpulkan 3 Matra TNI Bahas Pertahanan, Jokowi: Ya, Sudah

Presiden Jokowi di HUT ke 77 TNI
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo memberikan tanggapan mengenai usul dari Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri agar Jokowi mengumpulkan 3 matra TNI untuk membahas masalah pertahanan RI. Mengenai hal tersebut, Jokowi mengatakan sudah melakukan hal tersebut.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Jokowi mengakui bahwa dirinya telah memanggil Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa beserta para Kepala Staf Angkatan. Menurut Jokowi pertemuan itu untuk memastikan kesiapan TNI dalam menghadapi perubahan situasi geopolitik global tersebut.

"Ya sudah, hari Senin kemarin saya telah memanggil Panglima TNI beserta Kepala Staf (Darat, Laut, dan Udara)," kata Jokowi kepada awak media usai menghadiri Upacara HUT ke 77 TNI di Istana Negara, Rabu 5 Oktober 2022

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

VIVA Militer: Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan ziarah ke TMPN Kalibata

Photo :
  • Dispenad

Kepala Negara mengatakan, sebenarnya dirinya rutin melakukan pertemuan dengan Panglima TNI dan Kepala Staf. Menurut Jokowi, melihat kondisi geopolitik global saat ini, pertahanan Indonesia dalam hal ini TNI harus selalu waspada dan siap menghadapi berbagai tantanga.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Kita berbicara karena setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, perubahan geopolitik global ini harus betul-betul kita waspadai," ujar Jokowi

Dalam pidatonya di HUT ke 77 TNI ini, Jokowi juga sempat  mengingatkan mengenai situasi dunia yang saat ini sedang menghadapi tantangan yang sangat berat dan penuh ketidakpastian. Dunia berada dalam ancaman krisis pangan, energi, dan finansial yang diperparah dengan adanya perang Rusia-Ukraina.

"Dalam menghadapi situasi itu, kita, bangsa Indonesia harus terus hati-hati dan waspada. Perkokoh persatuan dan kesatuan nasional, perkokoh perdamaian dan gotong royong, saling bahu membahu, kompak agar Indonesia bisa menghadapi krisis dunia yang sangat berat ini," ujar Jokowi

Perayaan HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka Jakarta

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, memaparkan pentingnya postur pertahanan yang harus dibangun Indonesia. Untuk memperkuat pertahanannya berdasarkan cara pandang geopolitik. Dia juga mengusulkan ke Presiden Joko Widodo, terkait hal ini.

Megawati mengusulkan ke Presiden Jokowi, untuk mengajak 3 matra di TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, duduk bersama membahas postur pertahanan RI ke depan. Tentu saja, kata Megawati, dengan cara pandang geopolitik.

"Negara kita adalah negara archipelago terdiri dari kepulauan dan laut yang menutupi kita menjadi sebuah perekat dari negeri kita. Saya juga bilang sama Pak Jokowi. Pak Jokowi, sistem pertahanan kita kok istilahnya maju mundur. Siapa yang sebenarnya yang utama?" kata Megawati, dalam keterangannya saat memberikan kuliah umum di Seskoal, Selasa 4 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya