Maulid Nabi, Menag Yaqut: Jaga Harmoni, Teladani Rasullulah

Menag Yaqut Cholil alias Gus Yaqut.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Umat Islam di Tanah Air hari ini merayakan Maulid Nabi Muhammad. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut mengajak umat Islam bisa meneladani Rasulullah termasuk menjaga harmoni dan kerukunan.

Evaluasi Pelaksanaan Haji 2023, Menag Sebut Tahun Ini Wajib Ada Surat Keterangan Kesehatan

"Rasulullah memberikan praktik terbaik dalam membangun harmoni dan kerukunan masyarakat Madinah. Umat Islam hidup rukun berdampingan dengan kaum Yahudi dan Nasrani, dieratkan oleh Piagam Madinah,"kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, di Jakarta, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Dia menjelaskan kerukunan merupakan pra syarat pembangunan. Menurutnya, hal itu sebagai praktik baik yang sudah diteladankan Rasulullah di Madinah.

Lepas Keberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji ke Tanah Suci, Menag Puji Layanan Fast Track

"Sepatutnya dicontoh umat Islam dalam membangun dan memajukan Indonesia di tengah keragaman masyarakatnya," lanjut Gus Yaqut.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Arab Saudi.

Photo :
  • MCH 2022
Cek Hotel dan Bus Jemaah di Makkah, Menag Optimistis akan Bisa Beri Layanan Terbaik

Menurut dia, sebagai negara dengan masyarakat muslim terbanyak di dunia, RI punya tanggung jawab besar dalam menjaga harmoni. Dia bilang, dunia melirik keberhasilan RI dalam merawat kerukunan dan menguatkan moderasi beragama.

"Harmoni Indonesia adalah tugas kita bersama untuk merawat dan melestarikan. Tak ada bangsa yang maju tanpa kerukunan. Untuk itulah, harmoni adalah syarat utama laju pembangunan menuju pencapaian emas," ujar Gus Yaqut.

Kemudian, ia juga mengajak umat muslim untuk menengadahkan tangan, mendoakan para korban meninggal dunia imbas tragedi kelam Stadion Kanjuruhan Malang. Begitu juga meninggalnya 3 siswa MTsN 19 akibat tembok roboh karena terjangan banjir di wilayah Jakarta Selatan. 

"Semoga seluruh amal kebaikan mereka diterima dan semua dosa diampuni Allah SWT. Amin," tutur Yaqut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya